SOLFEGIO FORUM

Full Version: Pre amp mic + tone control berderet
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
ternyata suara kurang keras disebabkan oleh r out yg kebesaran pada masing2 tone control. setelah saya amati dari tone control, untuk:
r effect = 1 k ohm
r out = 100 k ohm


setelah saya ganti r out dengan 1 k ohm (sama dengan r effect) maka hasilnya suara menjadi keras bass empuk , treble lembut ces2. low noise alias bersih/clear/bening

berdasarkan skema master mixer pak Tom sebenarnya r out yg menuju master mixer adalah 33 k ohm. Karena saya tidak ada r 33 k ohm maka malam ini saya coba dengan r 1 k ohm sesuai r effect.

Pertanyaan:
1. mengapa r out ditetapkan 33 k ohm pak Tom?
2. apakah hasil suara beda antara r 1 k ohm dengan r 33 k ohm untuk r out menuju master mixer yg diparalel untuk tiap channel tone control?
3. apakah dengan penggantian r out tersebut cuma membedakan keras tidaknya suara?

terima kasih, mohon pencerahan...
pak Tom kenapa suara antar chanel bocor?
misal cnanel 1 saya kasih input vcd player tetapi volume chanel satu saya tutup full. terus saya buka volume channel 2 kok bunyi juga, seharusnya kan tidak bunyi setelah chanel 1 ditutup
1. mengapa r out ditetapkan 33 k ohm pak Tom?

Jawab: Bagian ini bisa digunakan antara 10K ~ 47K, semakin banyak kanal sebaiknya R semakin besar agar pada semua kanal ditutup hanya 1 kanal yg bekerja, tidak terlalu berat bagi kanal yg sedang bekerja sendirian.

2. apakah hasil suara beda antara r 1 k ohm dengan r 33 k ohm untuk r out menuju master mixer yg diparalel untuk tiap channel tone control?

Jawab: Dengan 33K suara output master akan lebih kecil dari yg sekarang.

3. apakah dengan penggantian r out tersebut cuma membedakan keras tidaknya suara?

Jawab: Bukan hanya membedakan tapi juga efek saling mempengaruhi level antar kanal.


Tanya: pak Tom kenapa suara antar chanel bocor?

Jawab: Coba periksa kembali hubungan potensionya, terutama body potensio semuanya harus terhubung ke ground agar tak terjadi induksi antar potensio. Cara pengkabelan juga penting diperhatikan harus dicegah timbul induksi suara antar kanal. Banyak perakit mengabaikan ilmu pengkabelan, padahal dalam rangkaian yg rumit tehnik pengkabelan sangat menentukan pada kwalitas yg dihasilkan. Kesalahan dlm wiring dapat menimbulkan suara dengung (humming) dan ngobrol dgn tetangga (cross talk).
untuk grounding sudah sip semua body potensionya pak tom coz body dalam mixer dilapisi tembaga dari pcb.
apakah gara2 r out kekecilan (1 k ohm) nilainya pak Tom sehingga suara bocor antar chanel? seharusnya berapa ohm kalau r 1 k ohm ini mempengaruhi bocor antar chanel? (sementara untuk 4 chanel saja pakai berapa ohm r outnya)

terima kasih
Dicoba saja, tapi dari pengalaman saya bukan krn pengaruh R yg 1K. Kemungkinan potensionya putus pada kali yg ke gnd. Jadi volume ditutup habis tetap bocor.
;-) semangat mas cayus, karakter suara master mixernya bagaimana? Dibanding master mixer dipasaran yang pake 1 ic 4558
kalau misal ground bocor, otomatis volume ditutup masih bunyi pak Tom. tapi ini misalnya chanel 1 di kasih input terus volume ditutup full master di buka penuh tidak bocor. tapi pada saat volume chanel 2 dibuka eh malah inputnya bisa keluar di chanel 2. Padahal chanel 2 tidak ada input.
Resta link=topic=196.msg44278#msg44278 date=1296022782 Menuliskan: ;-) semangat mas cayus, karakter suara master mixernya bagaimana? Dibanding master mixer dipasaran yang pake 1 ic 4558


masalah karakter suara lembut pake transisitor kang. cuma masalah gain masih besar ic 4558. dengan r out 100 k ohm IC masih keras suaranya. tapi sayangnya ICnya pakai tegangan CT jadi ada hum/bengung dikit. kalau pake masternya pak Tom suara bersih/clear bass empuk treble ces22. cuma kekurangannya masalah gainnya (apkah gara2 potensio volume saya 100 k ohm (asli dari kitnya) jadi kurang keras untuk master mixer transistor
Cayus link=topic=196.msg44286#msg44286 date=1296023296 Menuliskan:masalah karakter suara lembut pake transisitor kang. cuma masalah gain masih besar ic 4558. dengan r out 100 k ohm IC masih keras suaranya. tapi sayangnya ICnya pakai tegangan CT jadi ada hum/bengung dikit. kalau pake masternya pak Tom suara bersih/clear bass empuk treble ces22. cuma kekurangannya masalah gainnya (apkah gara2 potensio volume saya 100 k ohm (asli dari kitnya) jadi kurang keras untuk master mixer transistor


Ya memang gara2 potensio. Kalau pakai op-amp (IC) biasanya 50K~100K, untuk transistor biasanya antara 5K ~ 20K untuk pengatur volume. Kalau output segitu masih dianggap kurang besar, nanti saya coba modif masternya. Padahal itu saya sesuaikan dengan standar sound system pro, tdk boleh berlebihan khawatir kalau terjadi kesalahan operator ada penonton yg mengungsi keakherat gara2 kaget.

Masalah bocor, itu yg disebut cross talk. Jack inputnya kanal 2 mungkin tdk dishort ke gnd saat tak ada jack yg nancep. Itu input pre-amp micnya memang sangat peka kalau tdk di ground, tapi model pre-amp begitu suaranya paling bagus dari beraneka rangkaian pre-amp mic transistor. Kelemahannya, kalau ada pemancar AM yg bocor pasti tembus ke pre-amp tsb. Jadi Pre-amp model ini tdk cocok untuk distudio pemancar AM/MW.

[Gambar: s5BbWflCM-Jack.GIF]
nyimak sambil berdendang ahh  \:D/
Tommykwitang link=topic=196.msg44357#msg44357 date=1296030826 Menuliskan:Ya memang gara2 potensio. Kalau pakai op-amp (IC) biasanya 50K~100K, untuk transistor biasanya antara 5K ~ 20K untuk pengatur volume. Kalau output segitu masih dianggap kurang besar, nanti saya coba modif masternya. Padahal itu saya sesuaikan dengan standar sound system pro, tdk boleh berlebihan khawatir kalau terjadi kesalahan operator ada penonton yg mengungsi keakherat gara2 kaget.


[Gambar: s5BbWflCM-Jack.GIF]

bahaya pak tom kalau ngungsi ke akhirat bisa2 di penjara, kalau gayus se enak dipenjara bisa jalan2. lah kalau cayus wah ndekem ae pak Tom

tapi anehnya pak tom sebelumnya tidak bocor dengan input jack mick biasa bukan akay tapi sekarang kok bocor ya
begini pemasangannya
muncullah gambarku. kok ga bisa muncul se
ini dia muncullah
maaf kpengin lihat skema mixernya pak tomy tapi online nya cuma pake hp jadi nggak terlihat,. saya juga pakai mixer yang pakai transistor pak, tapi tr c828.
\:D/ nyimak walaupun ga tau mksdnya. Maklum masìh awam.
Teguh link=topic=196.msg44446#msg44446 date=1296045062 Menuliskan:maaf kpengin lihat skema mixernya pak tomy tapi online nya cuma pake hp jadi nggak terlihat,. saya juga pakai mixer yang pakai transistor pak, tapi tr c828.


pengen tau penampakane boleh gak kang? seperti apa mixernya yg pakai c828?
Dulu saya pernah upload potonya di judul "Tone control high mid low" mas.. kalau skema pak tom pakai tr D400 pa ya mas cayus?. maaf soalnya ga bisa lihat gambarnya.
betul untuk masternya pakai d400. terus untuk masternya kang Teguh pakai apa?
Masternya tetep pake 828, tpi trus masuk ke galaksi yg pakai IC4558. gitu mas cayus, penginya sih masternya nyobain skema yg dari pak tomy, tpi belum sempet liat gambarnya, cuma baca2 dulu, kyanya bagus.
hasilnya sendiri punyae mas teguh bagaimana? low noise apa tidak? bengung apa tidak?
IC 4558 itu seperti opamp kang bukan galaksi ada 1 potensio kan?memakai tegangan ct kan?
bisa upload mixernya kang? saya pengen tahu bagaimana pemasangan antar chanel menuju masternya
ternyata sungguh susah membuat mixer TR murmer yg sip hehehe. saya masih bingung penyebab bocor antar chanel ini.
Ini ta kang skema kang teguh. terus masternya mana?
Iya opamp, tpi ga ct mas tganganya -+. ga ada potensionya. noisenya kecil, ngga bengung kok mas,. output per chnlnya pake R 5K6, Trus di gabung tiap2 chnl nya masuk master pakai R5k6, masuk 4558 pake R lagi 5k6.(Experimen sendiri) lumayan kenceng mas. treble ga pecah, bas juga enak kok mas, menurut telingaku. Kalau buat mic koar2 emang harus buka gain banyak, hampir mentok.
masternya apakah itu? butuh berapa master kang? terus apa masih menggunankan pre amp mic sebelum tone control
Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Reference URL's