mario dirgantara
rack untuk studio recording,,ada rencana mau bikin studio recording,,
lagi nyari2 bahan untuk perlengkapan studio
yupz,perlu 31 track,,
indra_co_maniz
kalau recording lebih baik suara mentah saja yg direkam (jangan di boost dan cut dulu) nanti kalau sudah berbentuk file track baru diajust masing-masing sesuai karakter. kalau sudah terlanjur di cut sebelum recording suaranya malah berubah dan sulit dirubah ke suara aslinya...
tompul1984
indra_co_maniz wrote:
waduh keduluan mr antony deh moderatornya haa....
saya ikutan bantu deh, setelah baca postingan di atas saya revisi dulu beberapa kata yah
- equalizer bukan tombol yang digeser melainkan FADER (menyamakan kata dulu) , sedangkan tombol tambah kurang umumnya ada di equalizer digital 128kbps (mudah-mudahan angkanya ketikannya bener hee..)
- setel eq yang baik itu ada (sorry nih bung anton beda lagi nih kita haaa...) yaitu haru memenuhi standar SQ yang baik, (Sound Quality) diantaranya tidak membuat telinga jenuh, tidak penging ditelinga tidak membuat ear fatigue dll..
-nah untuk bosst dan cut saya cocok dengan mr. admin (kompak mode-on), kalau di boost akan merubah phase margin dari fader eq (khusus hardware, kalau software keknya ga terlalu pengaruh),
permisalan cut > bentuk signal persegi dibuat segitiga, maka akan ada area terkurangi, tetapi masih dalam luasan bentuk persegi tersebut.
permisalah boost > bentuk sinyal segitiga dibuat menjadi persegi, maka area yang segitiga dipaksakan menjadi persegi membuat perubahan luasan segitiga asli.
- baca forum 4 jam, apa ga cape matanya haa...?
next posting...
mas indra,... ada pertanyaan lugu dari saya,.... hehehe.
jadi gimana mas ciptain suara sound itu sehingga memenuhi sound quality yg baik. (fokus pada equalizer). ?
apa ada frequency tertentu yg tidak enak di telinga? mohon penjelasannya mas.
xie xie ni.
indra_co_maniz
mas indra,... ada pertanyaan lugu dari saya,.... hehehe.
Q:
jadi gimana mas ciptain suara sound itu sehingga memenuhi sound quality yg baik. (fokus pada equalizer). ?
A:
kalau mau fokus ikuti saja sesuai kata "equal" seimbang / selaras. tidak saling over antar track, tidak sakit ditelinga, tidak jenuh saat mendengar, tidak membuat lelah telinga (seperti mendengar earphone lama-lama, kira-kira rasanya gimana ? pasti ga enak) dsb...
Q:
apa ada frequency tertentu yg tidak enak di telinga? mohon penjelasannya mas.
A:
semua frekuensi saya nyaris flat 0dB dan tidak melebihi 0dB digrafik, selebihnya tinggal atur frekuensi 20kHz,8kHz,160Hz,20Hz, diluar itu, saya termasuk teknisi yang tidek percaya RTA, kenapa ???
Routing sebuah sistem track itu variabelnya banyak sekali, kalau mau coba saya susun seperti ini :
input, insert, equalizer / (tracking eq, mid hi dan mid low) , pre/post, monitor, fader mixer, out eq (multi fader), FX vocal, compress (hard/soft knee) ratio treshold, attack dll, limiter dll, x over 2/3/4 way, spliter dll, type power beda, type cable beda, supply track mixer supply track fader eq beda, potensio fader dimanapun yg ada disana dengan toleransi plus minus 5% atau mungkin yang sampai 10% yang membuat suara berbeda-beda, dan masih banyak lagi yang lainnya dan itu barulah satu track, gimana kalau multi track mungkin hanya tuhan dan teknisi yang tahu hal selanjutnya...
Tapi kalau mau percaya RTA gpp sih, itu juga ga masalah dan tetap membantu...
pademo
wah mau tanya pada pak indra nih..
apakah setting equalizer harus disesuaikan dengan area suara (kondisi ruangan yang harus dicakup), saya masih belum paham seting equaliser untuk indoor pak, padahal ketika diterapkan di outdoor sudah lumayan..,hasilnya sungguh berbeda banget., padahal perangkat yang digunakan sama.
mohon penjelasannya...
terimakasih banyak..
^_^
indra_co_maniz
sebaiknya eq harus disesuaikan...
itulah tugas eq untuk membuat kondisi menjadi equal
indoor dan outdoor adalah lokasi berbeda jadi penanganannya berbeda pula..
pademo
wah saya masih buta dengan masalah akustik ruang pak, buat topik baru yg bhs ttg ini ya teman2..,
lanjutt....
rudy_dianing
setuju.... paling pusing kalau indoor, trus gedungn gaung nya kelewatan , gimana cara ngatasinya ?
indra_co_maniz
ada caranya , tapi biar yang lain dulu jawab..kira-kira gimana yg sdh dapet solusinya..
dynox
jadi pengen nanya legi hihihi, mohon pencerahan bung momod, mas indra n kawan2 yg lain, dalam melakukan equalisasi setahu saya mengandalkan "telinga" dari operatorny tp tidak dapat dipungkiri ada banyak alat2 ukur yg biasanya digunakan dan sangat membantu, nah aye masih blank dengan alat2 ukur itu, teman2 disini ada yg pake ga? tools2 yg gituan hardware device atau softwarenya juga boleh---(bagus yg mana seh?) share donk pengalaman atau artikel ttg ngegunain alat2 ukurnya...hehehe thanks
indra_co_maniz
bagi yang punya silahkan sharing
VW music
nguping yahh....
lagi nunggu cara ngatasin echo di TKP.
nicholas
mana nech cewek palembang tu?????
gak pernah posting lagi yach???
penasaran aku....... :shock:
tompul1984
indra_co_maniz wrote:
ada caranya , tapi biar yang lain dulu jawab..kira-kira gimana yg sdh dapet solusinya..
hmm,.... setau saya, mas indra pernah ngasi tau cara ngatasi echo dlm ruangan. ada yg namanya "decay & delay". cuman gimana makainya itu dia yg mau di tanya sama maestro kita. hehehe. gimana mas? keluarin ilmu kita itu mas.
Arif mimi
Mas mas mod smanya,saya pernah atur eq pd saat elektone plus,eq sy atur seperti gunung kanan kiri(gunung kembar,sry ndk hfal frq nya)menurut para mod gmana ya? Soal nya d daerah saya hburan yg sering ad e-plus dn tayuban(uyon-uyon) trimakasih tlng dberi pendapat..
indra_co_maniz
@tompul : iya delay and decay pernah saya di tulis di sub forum SF ...
@Arif : membentuk bentuk susunannya V atau seperti 2 gunung M ?
Arif mimi
yang seperti 2 gunung mas? gmana?
indra_co_maniz
bentuknya kek begini ?
![[Gambar: untitl10.jpg]](http://i88.servimg.com/u/f88/13/78/35/23/untitl10.jpg)
kalau model begini biasanya vocal jadi agak berat dan mudah sekali feedback...
VW music
yg sering dilakukan saat set EQ memang kebanyakkan begtiu tuh, bentuk huruf V karena org awam beranggapan suara yg bagus itu adalah bass menggebu2 dan trebel men cicit2, padahal yg dicari bukan itu tuh...
indra_co_maniz
kalau penontonnya ingin bersuara yang seperti itu gimana P tjandra ?, sebagai penyedia jasa sound tidak bisa kita bilang "suara yg bener tuh begini loh, yang flat ga ear fatigue dsb..." apalagi si owner yg cerewet dan ga mau mengerti keadaan yang baik itu bagaimana.
selain itu jawab penonton apa nanti ? " ga berasa mas bassnya ke dada " karena persepsi penonton saat ini sudah berubah indera pendengarannya...
penonton sekarang khan aneh, masa dada atau tubuh buat dengerin sound sistem
mungkin fungsi telinga sudah berubah yah sekarang tapi itulah kenyataan P' tjandra, jadi harus mengequalkan antara pendengar multi penonton yg berbeda persepsi, pengetahuan dan pengalaman mengenai suara....
Antoni Pasaribu
Jadi pengen ikut share
kl di Kerinci & Sumbar, musik di vcd, pada minta KICK DRUM yg menghentak ky kick drum House music, ga peduli, apa itu pop, dangdut, house,dll
saya ga tau, ini slera pendengar ato krn kebiasaan penata musik yg 'iseng'??
Saya jd ikut2an, tp cuma di genre dangdut aja
pas di track kick drum, nyantai aja ngbost low freq yg penting nendang, sesuai selera klien
indra_co_maniz
nah khan, kembali keselera saja
Antoni Pasaribu
Selera si tukang bayarnya,pak mau sampe mentok low freqnya,peduli amat. Dah cape ngajarin n ngjelasin, tp si klien dengarnya pake dada jd pengen masang subwofer gede buat presentasi ke klien
indra_co_maniz
wkakaka, speakernya 21 inch semua, seukuran sama TV
ihutm
Atau pakai speker 2 pintu ..... ups, itu kulkas ya...... kabuuuurrrr