Create an Account
x

Log in

Username:

Password:
 

or Register

  Lupa Password/Reset Password?






orang mengakses topik ini: 1 Tamu
Bagikan ke: Facebook Twitter
Komentari 
SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Dokter_Punjung
Patroler

Postingan: 3.571
Terdaftar: Aug 2010
by Antoni Pasaribu on Sat Apr 18, 2009 12:33 am
************************************
Semenjak saya menggunakan nama Solfegio sebagai nama studio kami, banyak yang nanya, “Solfegio itu artinya apa,Ton?”, “Solfegio di ambil dari nama siapa?”, “Solfegio kepanjangannya apa?” he..he..he.. banyak sekali yang melontarkan pertanyaan senada dengan ini. Dan baru ke beberapa orang saja yang saya jelaskan betul-betul tentang arti kata ini.

Saya mendengar kata Solfegio (dibaca solfes) pada tahun 2002, pada saat itu secara kebetulan saya bertemu seseorang yang saya anggap senior dan ahli dalam bidang paduan suara dan ilmu musik. Saya banyak belajar (tanpa biaya) dari beliau.

Setiap pertemuan dengan beliau, saya selalu banyak bertanya tentang bermacam hal soal musik. Dan sering sekali beliau mengomandokan : “ambil garpu! (maksudnya garputala)”, kebetulan dari SMA saya paling hobi ngantongin garputala, yang merupakan pemberian dari orang tua saya sejak saya mulai aktif melatih paduan suara. Setelah saya mendengar nada dari garputala (kebetulan garputala punya saya, nada A 440Hz), lalu beliau akan bilang :”solfegio..! ini nada apa?” lalu beliau mengeluarkan suara satu nada. Kalau jawaban saya benar, beliau akan ganti terus nadanya, sampai saya salah menjawab J dan lama kelamaan pertanyaannya bukan lagi tentang nada sebuah not, tapi harmoni/chord yang beliau mainkan lewat keyboardJ awal-awal sih masih gampang, cuma chord biasa aja, tapi lama kelamaan, beliau kasih chord miring seperti chord 6, dim, 13, 9, sus, dst. Wah waktu itu pusing juga, karna tau nada-nada yang bunyi, tapi ga tau namanya J

Pada saat itu, semuanya seperti permainan aja bagi saya. Karena seru juga untuk melatih telinga akan nada. Dan saya belum terlalu ngerti tentang apa itu Solfegio. Yang saya tau, sebelum permainan tebak nada itu dimulai, beliau selalu bilang “solfegio…!!!”.

Pada saat saya masuk ke Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Padang Panjang, Sumatera Barat, pada tahun 2003. Dalam semester pertama, saya melihat ada mata kuliah Solfegio, wah saya bingung, koq nama solfegio ada di mata kuliah musik. Apa itu Solfegio???

Dan tibalah pertemuan pertama dalam mata kuliah Solfegio. Dosen duduk di depan piano, dan membunyikan sebuah tangga nada mayor. Lalu satu persatu, kami, para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah itu, ditunjuk secara bergiliran untuk menebak nada yang dimainkan oleh sang dosen.

Mulai dari bangku kuliah itulah saya benar-benar tertarik dengan istilah Solfegio, karena secara ga disadari semua musisi udah melakukan apa itu yang disebut Solfegio. Minimal pada saat mendengar sebuah lagu, para musisi udah mengetahui chord apa aja yang dipakai dalam lagu tersebut.

Belakangan saya mengetahui bahwa mata kuliah Solfegio adalah mata kuliah wajib bagi seluruh sekolah musik disamping mata kuliah wajib lainnya seperti piano, ilmu harmoni, prima vista, dll.

Menurut kamus musik, SOLFEGIO adalah dikte musik, tebak nada; belajar atau meniru dan menyamakan nada-nada yang dibunyikan.

Karena pengalaman dan arti kata Solfegio yang menurut saya menarik, makanya saya putuskan untuk memberi nama Solfegio pada ruangan berkarya saya saat iniJ

Terima Kasih

ANTONI PASARIBU
antonipasaribu@gmail.com

http://www.solfegio.wordpress.com


Baca Juga Topik Yang Mirip di bawah ini:
Solfegio versi Handphone
Sticker Solfegio (free)
Solfegio Social Media
Hari Pertama Solfegio di Amerika
SOLFEGIO Server ?
Iklan Di Solfegio
SOLFEGIO FORUM frozen
HARI BESAR SOLFEGIO FORUM
Hosting Solfegio Forum
SOLFEGIO...ULANG BULAN DI RUMAH BARU

GUNAKAN BAHASA INDONESIA | UPDATE PROFIL ANDA | UPGRADE LEVEL MEMBER ANDA

solfgath pake kaos Solfegio yaa
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: Unlimited

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
Savero
Solfers

Postingan: 3.979
Terdaftar: Jun 2011
wih ternyata..................... gak erti hehehehehehehehe................

http://www.facebook.com/rafaelilmi.savero/
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
Yudistira
Solfers

Postingan: 1.042
Terdaftar: Oct 2011
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
kaboel sjk
Solfree

Postingan: 882
Terdaftar: Jul 2012
Premieum exp: unlimited
Donatur exp:

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
jackariadi
Solfers

Postingan: 4.032
Terdaftar: Sep 2010
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: Unlimited

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
setiono
Solfers

Postingan: 1.306
Terdaftar: Mar 2012
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
JM sound
Solfree

Postingan: 471
Terdaftar: Aug 2010
kenal istilah Solfegio justru ketika ketik keyword "sound sistem rakitan..." pada mbah google....xixixiix sampai akhirnya ketemu forum sf dan jadi anggota hingga sekarang....
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
Herdjati P
Solfers

Postingan: 2.133
Terdaftar: Aug 2012
Pertama kenal SF ini adalah dari melihat video unggahan youtube yang disajikan bang Antoni http://www.youtube.com/user/antonipasaribu

Saya kenal Solfegio, tujuannya untuk mencari ilmu musik, humor, mengetahui dan mempelajari plus minus merek2 keyboard, belajar untuk tidak menjadi fanatik merek, berbagi ilmu, belajar optimalisasi keyboard, menjalin hubungan sosial secara virtual, bercanda ria saat diskusi bebas, sharing hobi selain musik, menyimak forum sound system, belajar membuat style sendiri, menghargai kekurangan suatu keyboard dan masih banyak lagi 4.

Jujur, pada awalnya saya adalah orang yang fanatik merek, tetapi setelah kenal forum ini, saya mulai mendapat wawasan bahwa semua merek ada kurang dan lebihnya.

BRAVO SOLFEGIO!!!
113 113 113 113 113 113 113 113

Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
(Postingan ini telah diubah pada : 18-04-2013 12:14 PM oleh Herdjati P.)
Quote this message in a reply
BETMEN
Solfers

Postingan: 1.135
Terdaftar: Aug 2011
ooo gini aku sudah tahu ..... kita harus sering belajar "solfegio"
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
Yudistira
Solfers

Postingan: 1.042
Terdaftar: Oct 2011
Setuju dengan kang betmen... bagi saya solfegio adalah forum untuk belajar itu aja hihihi..
Tanpa solfegio tidak akan seperti sekarang ini. dan ga paham yang namanya musik,sound system,dll deh..
Terima kasih solfegio 1
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
lAybONek1927
Solfree

Postingan: 2
Terdaftar: Apr 2013
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
roiz
Solfree

Postingan: 1.353
Terdaftar: Nov 2011
Premieum exp: 1 Januari 2015
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 15-04-2013
Quote this message in a reply
KDTS
Solfers

Postingan: 2.746
Terdaftar: Oct 2011
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 18-04-2013
Quote this message in a reply
Herdjati P
Solfers

Postingan: 2.133
Terdaftar: Aug 2012

Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 18-04-2013
Quote this message in a reply
Dokter_Punjung
Patroler

Postingan: 3.571
Terdaftar: Aug 2010
arti sebenarnya dari kata SOLFEGIO adalah tebak nada, atau permainan tebak-tebakan nada.

Misalnya piano ditekan ''tung...'' silahkan tebak nada apa itu.

*harus punya bakat musik dan latihan rajin.

solfgath pake kaos Solfegio yaa
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: Unlimited

postingan pada: 18-04-2013
Quote this message in a reply
Herdjati P
Solfers

Postingan: 2.133
Terdaftar: Aug 2012
(18-04-2013 11:25 AM)Dokter_Punjung Menuliskan:  arti sebenarnya dari kata SOLFEGIO adalah tebak nada, atau permainan tebak-tebakan nada.

Misalnya piano ditekan ''tung...'' silahkan tebak nada apa itu.

*harus punya bakat musik dan latihan rajin.


Solfegio berasal dari kata bahasa Italy "solfeges" atau "solfegietto" yang berarti "tangga nada", kalau nggak salah

Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 18-04-2013
(Postingan ini telah diubah pada : 18-04-2013 11:32 AM oleh Herdjati P.)
Quote this message in a reply
Dokter_Punjung
Patroler

Postingan: 3.571
Terdaftar: Aug 2010
wahhh iya to ?
Aku gak pernah makan bangku sekolah musik sih.... 24 24

solfgath pake kaos Solfegio yaa
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: Unlimited

postingan pada: 18-04-2013
Quote this message in a reply
Rendraraconkota
Solfree

Postingan: 697
Terdaftar: Oct 2011
(18-04-2013 11:40 AM)Dokter_Punjung Menuliskan:  wahhh iya to ?
Aku gak pernah makan bangku sekolah musik sih.... 24 24

4 baru ngerti artine aku. aku juga blm prnah makan bangku kuliah..
wkwkwkwk24
Premieum exp: 5 April 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 18-04-2013
Quote this message in a reply
roy umam
Solfree

Postingan: 1.453
Terdaftar: Dec 2012
ikut baca juga...... sama seperti kang @Dokter_Punjung dan kang @Rendraraconkota, saya juga ga pernah makan bangku sekolah, bangku kuliah juga ga pernah... jedut 4 4 24 24 24
Premieum exp: 5 Maret 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 18-04-2013
Quote this message in a reply
Herdjati P
Solfers

Postingan: 2.133
Terdaftar: Aug 2012

Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 18-04-2013
Quote this message in a reply
Komentari 





Antoni Pasaribu | Solfegio Forum Lama

DMCA.com Protection Status
Statistik
Yang mengakses SF saat ini sebanyak 69 orang.
» 0 Anggota SF | 69 Tamu


» Jumlah Anggota: 43.120
» Jumlah Topik: 13.404
» Jumlah Postingan: 238.674
» Anggota Baru: pepeynur
Statistik Lengkap

News

Latest Threads
Midi Dangdut Lengkap Beng...
Last Post: himura
ingin belajar
Last Post: himura
Grafik equalizer 10 band(...
Last Post: himura
setting crossover dbx den...
Last Post: himura
GTX HIPO 2000W
Last Post: himura
Parametrik Tone Control G...
Last Post: masbramajalah
Travo 32V Ct 20A Cocok Bu...
Last Post: masbramajalah
Menaikkan Gain Input Powe...
Last Post: kurama
Perkenalan
Last Post: kurama
solfegio sepi
Last Post: himura
Persamaan Kata
Last Post: himura
buah apa ya???
Last Post: himura
Minus one Religi
Last Post: himura
2 Way variable active cro...
Last Post: himura
Madura
Last Post: himura
Huruf Yang Di Bolak Balik...
Last Post: himura
pilih gadis logis atau ma...
Last Post: himura
Udin dan janda Muda...
Last Post: himura
Pemandu wisata vs turis
Last Post: himura
Jawa VS Batak
Last Post: himura