orang mengakses topik ini: 1 Tamu
SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Dokter_Punjung
Patroler


Postingan: 3.571
Terdaftar: Aug 2010
Ngunut,Tulungagung
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #1
SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
by Antoni Pasaribu on Sat Apr 18, 2009 12:33 am
************************************
Semenjak saya menggunakan nama Solfegio sebagai nama studio kami, banyak yang nanya, “Solfegio itu artinya apa,Ton?”, “Solfegio di ambil dari nama siapa?”, “Solfegio kepanjangannya apa?” he..he..he.. banyak sekali yang melontarkan pertanyaan senada dengan ini. Dan baru ke beberapa orang saja yang saya jelaskan betul-betul tentang arti kata ini.

Saya mendengar kata Solfegio (dibaca solfes) pada tahun 2002, pada saat itu secara kebetulan saya bertemu seseorang yang saya anggap senior dan ahli dalam bidang paduan suara dan ilmu musik. Saya banyak belajar (tanpa biaya) dari beliau.

Setiap pertemuan dengan beliau, saya selalu banyak bertanya tentang bermacam hal soal musik. Dan sering sekali beliau mengomandokan : “ambil garpu! (maksudnya garputala)”, kebetulan dari SMA saya paling hobi ngantongin garputala, yang merupakan pemberian dari orang tua saya sejak saya mulai aktif melatih paduan suara. Setelah saya mendengar nada dari garputala (kebetulan garputala punya saya, nada A 440Hz), lalu beliau akan bilang :”solfegio..! ini nada apa?” lalu beliau mengeluarkan suara satu nada. Kalau jawaban saya benar, beliau akan ganti terus nadanya, sampai saya salah menjawab J dan lama kelamaan pertanyaannya bukan lagi tentang nada sebuah not, tapi harmoni/chord yang beliau mainkan lewat keyboardJ awal-awal sih masih gampang, cuma chord biasa aja, tapi lama kelamaan, beliau kasih chord miring seperti chord 6, dim, 13, 9, sus, dst. Wah waktu itu pusing juga, karna tau nada-nada yang bunyi, tapi ga tau namanya J

Pada saat itu, semuanya seperti permainan aja bagi saya. Karena seru juga untuk melatih telinga akan nada. Dan saya belum terlalu ngerti tentang apa itu Solfegio. Yang saya tau, sebelum permainan tebak nada itu dimulai, beliau selalu bilang “solfegio…!!!”.

Pada saat saya masuk ke Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Padang Panjang, Sumatera Barat, pada tahun 2003. Dalam semester pertama, saya melihat ada mata kuliah Solfegio, wah saya bingung, koq nama solfegio ada di mata kuliah musik. Apa itu Solfegio???

Dan tibalah pertemuan pertama dalam mata kuliah Solfegio. Dosen duduk di depan piano, dan membunyikan sebuah tangga nada mayor. Lalu satu persatu, kami, para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah itu, ditunjuk secara bergiliran untuk menebak nada yang dimainkan oleh sang dosen.

Mulai dari bangku kuliah itulah saya benar-benar tertarik dengan istilah Solfegio, karena secara ga disadari semua musisi udah melakukan apa itu yang disebut Solfegio. Minimal pada saat mendengar sebuah lagu, para musisi udah mengetahui chord apa aja yang dipakai dalam lagu tersebut.

Belakangan saya mengetahui bahwa mata kuliah Solfegio adalah mata kuliah wajib bagi seluruh sekolah musik disamping mata kuliah wajib lainnya seperti piano, ilmu harmoni, prima vista, dll.

Menurut kamus musik, SOLFEGIO adalah dikte musik, tebak nada; belajar atau meniru dan menyamakan nada-nada yang dibunyikan.

Karena pengalaman dan arti kata Solfegio yang menurut saya menarik, makanya saya putuskan untuk memberi nama Solfegio pada ruangan berkarya saya saat iniJ

Terima Kasih

ANTONI PASARIBU
antonipasaribu@gmail.com

http://www.solfegio.wordpress.com


Baca Juga Topik Yang Mirip di bawah ini:
Solfegio versi Handphone
Sticker Solfegio (free)
Solfegio Social Media
Hari Pertama Solfegio di Amerika
SOLFEGIO Server ?
Iklan Di Solfegio
SOLFEGIO FORUM frozen
HARI BESAR SOLFEGIO FORUM
Hosting Solfegio Forum
SOLFEGIO...ULANG BULAN DI RUMAH BARU

GUNAKAN BAHASA INDONESIA | UPDATE PROFIL ANDA | UPGRADE LEVEL MEMBER ANDA


15-04-2013
10:17 AM
kutip |
Savero
Solfers


Postingan: 3.976
Terdaftar: Jun 2011
pepe,sedati,sidorjo,
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #2
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
wih ternyata..................... gak erti hehehehehehehehe................


15-04-2013
10:27 AM
kutip |
Yudistira
Solfers


Postingan: 1.042
Terdaftar: Oct 2011
jombang - jawatimur
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #3
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Oalah itu tho arti SOLFEGIO,maksudnya gimana ya? 24 24 24
15-04-2013
11:51 AM
kutip |
kaboel sjk
Solfree


Postingan: 882
Terdaftar: Jul 2012
malang
Solfers: unlimited
Donatur:

Postingan: #4
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Garis besar nya apa ya. Ngk mudeng
15-04-2013
11:59 AM
kutip |
jackariadi
Solfers


Postingan: 4.032
Terdaftar: Sep 2010
.....
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #5
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
ikut baca aja kang ..
15-04-2013
12:10 PM
kutip |
setiono
Solfers


Postingan: 1.306
Terdaftar: Mar 2012
BATAM, Kep. Riau
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #6
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
garis besarnya ya itu kang,, SOLFEGIO.
15-04-2013
01:04 PM
kutip |
JM sound
Solfree


Postingan: 471
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #7
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
kenal istilah Solfegio justru ketika ketik keyword "sound sistem rakitan..." pada mbah google....xixixiix sampai akhirnya ketemu forum sf dan jadi anggota hingga sekarang....
15-04-2013
02:22 PM
kutip |
Herdjati P
Solfers


Postingan: 2.130
Terdaftar: Aug 2012
Lebak Bulus, Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #8
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Pertama kenal SF ini adalah dari melihat video unggahan youtube yang disajikan bang Antoni http://www.youtube.com/user/antonipasaribu

Saya kenal Solfegio, tujuannya untuk mencari ilmu musik, humor, mengetahui dan mempelajari plus minus merek2 keyboard, belajar untuk tidak menjadi fanatik merek, berbagi ilmu, belajar optimalisasi keyboard, menjalin hubungan sosial secara virtual, bercanda ria saat diskusi bebas, sharing hobi selain musik, menyimak forum sound system, belajar membuat style sendiri, menghargai kekurangan suatu keyboard dan masih banyak lagi 4.

Jujur, pada awalnya saya adalah orang yang fanatik merek, tetapi setelah kenal forum ini, saya mulai mendapat wawasan bahwa semua merek ada kurang dan lebihnya.

BRAVO SOLFEGIO!!!
113 113 113 113 113 113 113 113


Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
15-04-2013
04:42 PM
(Postingan ini telah diubah pada : 18-04-2013 12:14 PM oleh Herdjati P.)
kutip |
BETMEN
Solfers


Postingan: 1.135
Terdaftar: Aug 2011

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #9
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
ooo gini aku sudah tahu ..... kita harus sering belajar "solfegio"
15-04-2013
05:21 PM
kutip |
Yudistira
Solfers


Postingan: 1.042
Terdaftar: Oct 2011
jombang - jawatimur
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #10
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Setuju dengan kang betmen... bagi saya solfegio adalah forum untuk belajar itu aja hihihi..
Tanpa solfegio tidak akan seperti sekarang ini. dan ga paham yang namanya musik,sound system,dll deh..
Terima kasih solfegio 1
15-04-2013
05:24 PM
kutip |
lAybONek1927
Solfree


Postingan: 2
Terdaftar: Apr 2013
Surabaya
Solfers:
Donatur:

Postingan: #11
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
I like Solfegio...
15-04-2013
06:02 PM
kutip |
roiz
Solfree


Postingan: 1.353
Terdaftar: Nov 2011
dolopo madiun
Solfers: 1 Januari 2015
Donatur: unregistered

Postingan: #12
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
seng penteng nyimak tur blajar
15-04-2013
06:08 PM
kutip |
KDTS
Solfers


Postingan: 2.746
Terdaftar: Oct 2011
Trenggalek - JATIM
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #13
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
ikut belajar dah,biar tambah pinter....
18-04-2013
10:17 AM
kutip |
Herdjati P
Solfers


Postingan: 2.130
Terdaftar: Aug 2012
Lebak Bulus, Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #14
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Lanjutkan 113


Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
18-04-2013
11:13 AM
kutip |
Dokter_Punjung
Patroler


Postingan: 3.571
Terdaftar: Aug 2010
Ngunut,Tulungagung
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #15
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
arti sebenarnya dari kata SOLFEGIO adalah tebak nada, atau permainan tebak-tebakan nada.

Misalnya piano ditekan ''tung...'' silahkan tebak nada apa itu.

*harus punya bakat musik dan latihan rajin.


18-04-2013
11:25 AM
kutip |
Herdjati P
Solfers


Postingan: 2.130
Terdaftar: Aug 2012
Lebak Bulus, Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #16
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
(18-04-2013 11:25 AM)Dokter_Punjung Menuliskan:  arti sebenarnya dari kata SOLFEGIO adalah tebak nada, atau permainan tebak-tebakan nada.

Misalnya piano ditekan ''tung...'' silahkan tebak nada apa itu.

*harus punya bakat musik dan latihan rajin.


Solfegio berasal dari kata bahasa Italy "solfeges" atau "solfegietto" yang berarti "tangga nada", kalau nggak salah


Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
18-04-2013
11:30 AM
(Postingan ini telah diubah pada : 18-04-2013 11:32 AM oleh Herdjati P.)
kutip |
Dokter_Punjung
Patroler


Postingan: 3.571
Terdaftar: Aug 2010
Ngunut,Tulungagung
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #17
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
wahhh iya to ?
Aku gak pernah makan bangku sekolah musik sih.... 24 24


18-04-2013
11:40 AM
kutip |
Rendraraconkota
Solfree


Postingan: 697
Terdaftar: Oct 2011
.
Solfers: 5 April 2014
Donatur: unregistered

Postingan: #18
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
(18-04-2013 11:40 AM)Dokter_Punjung Menuliskan:  wahhh iya to ?
Aku gak pernah makan bangku sekolah musik sih.... 24 24

4 baru ngerti artine aku. aku juga blm prnah makan bangku kuliah..
wkwkwkwk24
18-04-2013
12:00 PM
kutip |
roy umam
Solfree


Postingan: 1.453
Terdaftar: Dec 2012
Pantura Jatim
Solfers: 5 Maret 2014
Donatur: unregistered

Postingan: #19
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
ikut baca juga...... sama seperti kang @Dokter_Punjung dan kang @Rendraraconkota, saya juga ga pernah makan bangku sekolah, bangku kuliah juga ga pernah... jedut 4 4 24 24 24
18-04-2013
12:09 PM
kutip |
Herdjati P
Solfers


Postingan: 2.130
Terdaftar: Aug 2012
Lebak Bulus, Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #20
RE: SOLFEGIO ITU APA, Ton ?
Saya makan bangku TK SD SMP SMA. . . . . 24


Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
18-04-2013
12:13 PM
kutip |




Online
Yang Sedang Online
» 2 Anggota SF | 113 Tamu
dimensiart

INFO


Latest Threads
(ASK) Yamaha PSR S550B
Postingan : To_lee
Ruang konsultasi Blazer
Postingan : obenx
Seputar amplifier rakitan
Postingan : obenx
PERKENALAN
Postingan : Agus_joe_mbali
keuntungan Modifikasi PSU...
Postingan : obenx
Macam-Macam Skema PSU Pow...
Postingan : obenx
Ar3ma
Postingan : obenx
Salam kenal
Postingan : obenx
fata klo buat bass ko nge...
Postingan : Mashin
Power ocl 140 watt + TEF
Postingan : Dedicaem
apex b500 tef
Postingan : obenx
kenalannn
Postingan : karelw
(ASK) Roland Prelude
Postingan : koolsip
Ada yang sudah coba Rola...
Postingan : koolsip
Roland GW-8
Postingan : koolsip
Perkenalan
Postingan : koolsip
"KORG PA 300" KORG TE...
Postingan : Herdjati P
Salam perkenalan
Postingan : alfianbagus
Kota Reog Masuk sini
Postingan : zeyntnizty
Salam Kenal
Postingan : hari_aja

Diskusi Menarik