Create an Account
x

Log in

Username:

Password:
 

or Register

  Lupa Password/Reset Password?






orang mengakses topik ini: 1 Tamu
Bagikan ke: Facebook Twitter
Komentari 
AC-DC 1,2 KVA HALF BRIDGE SWITCHING BY DETEX AUDIO
AliefKharislana
Solfree

Postingan: 22
Terdaftar: Mar 2014
Primer tak kasi 24 lilit pake kawat 1mm
Sekunder tak kasi 7 lilit ct 7 lilit pake kawat 1,5mm fet pake 2 pasang irfp460
Ferit tak kasi etd49
Untuk trafo osc nya aku pake e19 gulungan sesuai skema

Seharian tak otak atik sek belum berhasil mas
Kira" salah dimananya ya?
Volt nya kecil banget
Umpama zener 91 volt tak ganti resistor 680K pengaruh apa nggak?
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 22-08-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
cek 471p seri 1k 2wat nya mas sapa tau kebesaran(apa ini penetu osc frek nya y?)
- elco pwm tersambung dgn c222(yg di bawah etd49) ke gnd trafo .kalo ngak' tester nya ngak bisa mbaca/ngaco.
Etd49 panas?
Relay sempat on ngak?
Biasanya selama saya rakit kesalahan nya di trafo osc nya.sering terbalik..0v di skunder.
Di sekema zener 15v seri 4148 bertolak belakang(saya ikut ini) di layout berhadapan. Ngak tau ngaruh ngak.
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 22-08-2014
Quote this message in a reply
AliefKharislana
Solfree

Postingan: 22
Terdaftar: Mar 2014
Aku ga pakek relay mas langsung tak seri pake bohlam. Ga punya relay nya.
Etd49 nya adem ga panas sama sekali.
Untuk c222 dari gnd elko primer udah tak sambung ke gnd sekunder trafo.

Yang r1K 2 watt yang seri ma c471p tak kasi 3 watt ,pengaruh gak mas?

Trus untuk zener 15 v yang di basis fet yang bener hadepnya gimana?

4x Kapasitor 104 400v yang jejer banyak kemarin tak coba tak ganti 105 1kv. Coba cek output travo keluar 3 volt lebih cuma nambah 1 volt
Mohon dikoreksi mas kira" salah di mananya?
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 23-08-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
r1k 2w lebh besar wat nya lebih bagus sih..biasanya kalau hidup normal r2wat nya agak panas.
Zener di skema bertolak belakang./garis hitamnya di luar.
Saya rasa bagian pwm nya udah ok..mosfet udah on.
Apa primer trafo terbalik balik lilit nya y? Bolamnya nyalaterus? kalau iya lilitan ada yg ngk bener.
Normalnya nyala bentar trus mati. Jangan pake bolam5w loh y..nanti arus yg masuk kecil juga..min 60w
mau nyaranin ukur di primer trafo +_310v .saya juga ngak bisa ngukur di area ini. Ngk terbaca di multi tester saya..
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 23-08-2014
Quote this message in a reply
broto_seno
Solfree

Postingan: 225
Terdaftar: Sep 2012
Premieum exp: 20 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 23-08-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
welleh..pie cak wes jadi urung es em ps e..?
Nyoba ngulung pake wirelize..ampun dj..susah ngupas emaile..sampe skarang belum kesolder..
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 24-08-2014
Quote this message in a reply
Imhdin
Solfers

Postingan: 2.784
Terdaftar: Jul 2012
zener 91v+ R 220K saya ganti R 680k dan tidak ada masalah. coba pakai trafo psu cpu dulu buat ngetesnya....
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unlimited

postingan pada: 24-08-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 25-08-2014
Quote this message in a reply
AliefKharislana
Solfree

Postingan: 22
Terdaftar: Mar 2014
Horee sudah nyala mas smps ku.
Ternyata salah di gulungan primer nya.
Tak gulung ulang primer 24 lilit 12 lilit dalem 12 lilit luar 4x 0,5 mm sekunder pake tembaga lembaran 8lilit ct 8 lilit
Bohlam e tak copot mas langsung tak kasi ntc.
Terus zener 91 volt seri ma r220k tak lepas tak ganti r680k
Pake 3 pasang fet irfp460LC ,,, terus zener 15 volt tak ganti zener 18 volt
Test dinyalakan ukur output keluar 55,7volt
Coba iseng tak short pake kawat las ukuran 2mm ke plat besi ternyata bisa
Ketika di short kan
Voltase drop dari 55,7 ke 54,8 volt
Tak coba ukur pake ampere meter analog bekas panel listrik yang 100 a ampere meterku malah ngepol sampe kebakar ampere meternya

Kesimpulan smps detex emang yahut.
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 30-08-2014
Quote this message in a reply
imronhabibi
Solfree

Postingan: 611
Terdaftar: Jan 2012
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 30-08-2014
(Postingan ini telah diubah pada : 30-08-2014 07:35 PM oleh imronhabibi.)
Quote this message in a reply
Imhdin
Solfers

Postingan: 2.784
Terdaftar: Jul 2012
Premieum exp: unlimited
Donatur exp: unlimited

postingan pada: 31-08-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
jos mas imdin,mas alief
kalau trafo(gulungan kawat/bukan feritnya ) panas, tanpa beban. Mungkin diameter primer kurang besar..va primer jangan kurang dari VA skunder
4x0,50=1mm x300v* =..va (lihat di tabel awg/tabel kawat untuk trafo)
diameter sek? =Amp x 55,7vdc(x2Kalau trafo CT)

..mantep bisa nemu tembaga lembaran..kayak ya bisa muat banyak di kokernya.
Pake ntc bagus juga(ngirit tempat) kalo dapat yg wat nya besar, pengalaman saia kalo pake ntc 5w bekas smps pc lansung meletus ntc nya.

Kalau pake R+relay ,r 10w(sering putus) harap di tambah wat nya.
Mis 3x r100ohm 5w..
Ini masih pake c primer 1uf? Perkiraan saya kok malah turun vdc nya kalo di besarin.
Takut panas di fet nya,ada beda ngak? Sama pake 4x100n
-zener 15v kayak nya cuma pengaman mosfet

'kalo saya salah mohon di benarkan'
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 01-09-2014
Quote this message in a reply
jackariadi
Solfers

Postingan: 4.033
Terdaftar: Sep 2010
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: Unlimited

postingan pada: 01-09-2014
Quote this message in a reply
AliefKharislana
Solfree

Postingan: 22
Terdaftar: Mar 2014
Iya mastyoko aku pake ntc yg besar lupa kodenya kehapus . Kayaknya ntc bekas tv. Kapasitor yang 4 x 104 tak pasang lagi mas sesuai skema.
Oh iya Trafo osc lilitan primer ku dikurangi 10 lilit semula 200 lilit jadi 190
Sekunder tetap
Katanya sih bisa nambah frekuensi
Maaf kalo salah


Iya tembaga lembaran jadi enak gulungnya aku aja sampe tak tekuk jadi 4, lebarnya menyesuaikan koker. Terus tak lapisi isolasi lembaranya biar gak short.
Sampe saat ni smps ku belum tak matikan udah 2 hari non stop uji coba mau dipasang ke ampli kok takut jebol sementara pake beban bohlam 100 watt 220v
Trafo cuman anget, fet juga anget alhamdulilah lancar.

Rencana mau experiment bikin detex lagi pake ferit bekas flyback tv tapi tak rangkap 3 dijadikan satu.
Ni masih tak ratakan pake gerinda biar bisa ditempelin jadi satu koker

Oh ya mas brarti lilitan primer ku sebaiknya dikasi 0,5 rangkap brapa? Tolong kasih saran mastyoko
Soalnya gulungan sekunderku pake tembaga lembaran
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 01-09-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
tebal x lebar berapa y plat tembaganya?..mau di buat berapa vdc?
1 ferit flybek udah gede loh flybek pasangan etd 49? Saia ngulung ferit flybek panjang dalam 6,5cm. primer 2,5mm sek 2,45mm (0,50mmx20+0,20 mmx18). 4x13L ,ct 81-162vdc
koker,bikin aja dari paralon untuk kabel listrik atas bawah dikasih potongan pcb dilem alteko..
Kalo ada salah lilitan, cabut feritnya, tinggal lempar aja(males bongkar lagi)hihi..kawat paling ngak habis 2ons

'bikin aja mas @jack.. Biar rame..
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 02-09-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
pake hitungan 5-7amp 'aja / 1mm*(luas bukan diameter)
diameter 0,50mm luasnya 0,196mm*
silahkan di 'otak-atik sendiri
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 03-09-2014
Quote this message in a reply
AliefKharislana
Solfree

Postingan: 22
Terdaftar: Mar 2014
Kalo plat nya aku dapet yang tebal 0,75mm. Ditekuk jadi 4 jadinya kira" 3mm an gitu mas tebalnya. Maklum ga punya mikrometer buat ngukur modal nekat aja. Heheee
lebar nya 3,5cm lebih dikit.
Tadi detex ku yg uda jadi ta coba ke ocl rakitan buat ngangkat speaker 4x 12" acr 1230 main di 4 ohm mantab suarane
Bersih tanpa noise. Bas nya itu lohh yang gak nguatin Tak geber volume jam1 selama 5 menit heatsing tr powerku puanas. Smps cuman anget. Trafo donat sementara lengser dulu. Tiwas susah payah nabung buat beli donut 30 a Ehh malah enakan pake smps karnya enteng bobotnya.

Iya ini ferit ku uda jadi mas gede banget sekilas tebalnya kayak trafo 3ampere kalo dilihat dari atas. Hehee 4
Semoga experiment ku yg ke 2 berhasil.
Pengen tak buat supply apex 900 mas
Kuat nggak ya kira"?

Haaaahh 0,50mm x20 apa gak kemeng tangane mas nggulunge? Itu ketemu brapa mm jadinya?

Udah pernah coba nggulung pake kawat aluminium belum mas ? Untuk smps. Buat supply power ampli
Katanya temen kalu untuk smps yg frekuensi tinggi bagusan pake aluminium daripd tembaga mungkin beda warna suara kali ya?? Cisss cissss dungg dungg dunggggggg derrrrrrrrr. Hahaaaaa
Cz temen punya rental sound amplinya pake smps semua sempat tak lihat gulungan pake almuminium.
Suaranya sih menurut kuping kaleng saya ga mengecewakan serasa pa built up padahal rakitan dewe
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 03-09-2014
Quote this message in a reply
mastyoko
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jul 2012
ampuun ngitung nya..gede banget hasilnya..mudah mudahan salah..
3,5cm=35mm)x0,75x6=(waw)157,5Amper padahat ini belum di hitug lipat 4.
-Mis buat suplay clas h 120 ct 120vdc.
.=2x120vdc x157,5A=3780x. va.sekunder
Primer min pake kawat 0,5 x107. Pake plat tembaga yg tebalnya sama aja,lebar min2,8cm.
Ada yg salah ini kayak nya, untuk hasil VA nya ,gede banget..di luar kemampuan ferit ,pwmnya.

Kawat 20x 0,50 =+_2,2mm.saia ngulung nya berlapis. Mis sekali lilit 10kawat melebar ,ngak di plintir..kalau di plintir mungkin sebesar kawat 4mm=ngak muat..
Belum pernah nemu tembaga plat..adanya kuningan. Kalo almunium bisa di pake, tingal potong aja itu tutup panci di belakang..gratis hihi..perlu di coba ini.

kalo Va nya beneran dapat segitu..untuk 10 h900 masih sisa banyak buat di
sambungin ke tetanga..hihi..
Premieum exp: 10 September 2014
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 03-09-2014
(Postingan ini telah diubah pada : 03-09-2014 06:46 AM oleh mastyoko.)
Quote this message in a reply
AliefKharislana
Solfree

Postingan: 22
Terdaftar: Mar 2014
Oke mas trims sarannya nanti tak coba.
Kalo nambah fet jadi 6 set apa aja yang perlu dirubah komponen detex nya mas? Mumpung ada sisa stok 8 set irfp460
Diameter kawat trafo osc nya fi gedein dikit apa ga?
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 03-09-2014
Quote this message in a reply
garindo
Solfree

Postingan: 227
Terdaftar: Sep 2010
Detex dibebani,...berat kok tdk drop ya,.???
Trus ngaturnya tegangan bagaimana ya,...bisa keluar 68-120 VDC??
Tks,...
Premieum exp: 8 November 2013
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 03-09-2014
Quote this message in a reply
Komentari 





Antoni Pasaribu | Solfegio Forum Lama

DMCA.com Protection Status
Statistik
Yang mengakses SF saat ini sebanyak 140 orang.
» 0 Anggota SF | 140 Tamu


» Jumlah Anggota: 45.981
» Jumlah Topik: 13.495
» Jumlah Postingan: 239.353
» Anggota Baru: StefanieHi
Statistik Lengkap

News

Latest Threads
Crossover Aktif Rakitan
Last Post: Hermanae
Suara keyboard memanjang ...
Last Post: saviraamanda
SOFT STAR FOR POWER AMP
Last Post: Hermanae
MOSFET AMPLIFIER BY ANTON...
Last Post: Hermanae
Modifikasi parametric mac...
Last Post: Hermanae
Effect murah tapi bagus
Last Post: Hermanae
CROSSOVER SOUNDCRAFT 2400...
Last Post: Hermanae
Membuat Mixer Digital ++
Last Post: Hermanae
masalah dengan mixer soun...
Last Post: Hermanae
Cari skema crossover with...
Last Post: Hermanae
Salam kenal member baru p...
Last Post: Hermanae
SUB reflek biasa yg suara...
Last Post: millofoxe
YIROHA [Yiroshi Class H]
Last Post: millofoxe
power namec (new american...
Last Post: millofoxe
Karakter suara seperti ap...
Last Post: millofoxe
dangdut biasa KN2600
Last Post: cahyonur
siantar man
Last Post: aldhie_maulana
Karo Biasa ( KN 2600 & KN...
Last Post: aldhie_maulana
Mp3 Minus One
Last Post: ghielhanx
Lagu Anak Anak
Last Post: ghielhanx