Online
Yang Sedang Online
» 5 Anggota SF | 98 Tamu
adhit, bagust, budisulistyono, herlambangdidik, zielliAR

SPONSOR
www.hadisumoro.com

Solfegio Saxophone

Latest Threads
HARGA KIT APEX MULAI TANG...
Postingan : ulla_abdee
PA B500 by Apex (lanjutan...
Postingan : dodon
salam kenal
Postingan : aslim
cara masang tone control
Postingan : aslim
Paralel ocl 150 watt
Postingan : bimo_tok
Kit PA yang Cocok untuk D...
Postingan : muktibontang
Audio Mobil yang seperti ...
Postingan : kloengsoer
Dasar Car Audio - 1
Postingan : kloengsoer
Filter subwoofer + power ...
Postingan : kloengsoer
skema box speaker
Postingan : sukawidya_made
DANGDUT FULL STYLE
Postingan : usefibeftea
PAKET BANYAK STYLE CASIO ...
Postingan : Adistia Print
Salam kenal
Postingan : gilimanese
Cara Merancang Amplifier
Postingan : bimo_tok
Ruang Pamer APEX B500 dan...
Postingan : gondhoarum



Menggulung Ulang Trafo Toroid
karso
Solfers


Postingan: 1.431
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #176
 
Ok kang gea,,coba nanti saya tanya 2 ke mbah google...Kern punyaku mash oke kang,tpi waktu balikin lagi.Ga bsa rapat seperti sedia kala.
13-01-2011
10:58 PM
kutip |
soerdjanto
Solfers


Postingan: 2.932
Terdaftar: Aug 2010
Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #177
 
Gea link=topic=1630.msg40241#msg40241 date=1294933610 Menuliskan:Lokasi Kang Djanto; jakarta, tegal, kebumen..kalo pas dijakarta main-main ke glodok bagian jual besi-besi (bagian belakang yang jual perkakas tekhnik). Kalo kesana lagi nanti tak tanyain, beli potongan-potongannya saja.

q di mangga dua kang.
tadi udah nanya2 di belakang glodok juga.
tapi yg di tanyain malah pada bingung.
mungkin ada istilah lain kali kang.
soalnya saya tanya silicon steel / crgo, gak ada yg tau.
dan q da jelasin, bahan untuk bikin core travo.
tetep ga ngerti juga.


saya nggak mbingungin sampean, sampean jangan bingung karena saya
begitu juga sebaliknya dan jangan di bolak balik
13-01-2011
11:02 PM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #178
 
soerdjanto link=topic=1630.msg40247#msg40247 date=1294934529 Menuliskan:q di mangga dua kang.
tadi udah nanya2 di belakang glodok juga.
tapi yg di tanyain malah pada bingung.
mungkin ada istilah lain kali kang.
soalnya saya tanya silicon steel / crgo, gak ada yg tau.
dan q da jelasin, bahan untuk bikin core travo.
tetep ga ngerti juga.

:)) Tanya besi lunak lembaran/strip, seperti Om Tommy bilang ada yang lunak (CRGO) ada yang keras (Stainless), 2009 harganya 18rb/kg

Kayak gambar dibawah itu stainless
[Gambar: EcgI_strip%20iron.jpg]

Tempat jasa menggulungnya banyak di jakarta
13-01-2011
11:18 PM
kutip |
Rohmadfauzi
Solfree


Postingan: 330
Terdaftar: Dec 2010
yogyakarta
Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #179
 
Wah kalau pesen di krakatau steel pasti punya kang,hehehe :D
gek sekalian di gulungi dgn diameter 21cm kang,
td aq jg hbs plg kul maen ke klitikan mau beli rosokan stavol eh sayang mahal semua,masak 500va 150rb hadoh,..
13-01-2011
11:21 PM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #180
 
Penampakannya agak buram, kadang agak karatan kalo sudah kelamaan di toko, gampang di tekuk
13-01-2011
11:24 PM
kutip |
Rohmadfauzi
Solfree


Postingan: 330
Terdaftar: Dec 2010
yogyakarta
Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #181
 
Kalau besi biasa gymna kang? Kayaknya kalau yg crgo di jogja sulit nyarinya j kang,
Gek beli yg tipis aj yg 0,5mm aja,kan di gulung sendiri gak terlalu susah,
13-01-2011
11:43 PM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #182
 
Rohmadfauzi link=topic=1630.msg40257#msg40257 date=1294936981 Menuliskan:Kalau besi biasa gymna kang? Kayaknya kalau yg crgo di jogja sulit nyarinya j kang,
Gek beli yg tipis aj yg 0,5mm aja,kan di gulung sendiri gak terlalu susah,


Bisa, sama saturasi fluxnya, cuma beda permiabilitas...
Flux density yang dihasilkan 5,83 mWb butuh minimal saturasi core 0,9 Tesla. Besi murni dan CRGO saturasinya sama (2,15 Tesla)

Kaitannya permiabilitas dengan inductance --> arus.
14-01-2011
12:13 AM
kutip |
soerdjanto
Solfers


Postingan: 2.932
Terdaftar: Aug 2010
Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #183
 
Gea link=topic=1630.msg40251#msg40251 date=1294935501 Menuliskan: :)) Tanya besi lunak lembaran/strip, seperti Om Tommy bilang ada yang lunak (CRGO) ada yang keras (Stainless), 2009 harganya 18rb/kg

Kayak gambar dibawah itu stainless
[Gambar: EcgI_strip%20iron.jpg]

Tempat jasa menggulungnya banyak di jakarta

Oalahhhhhhhh...............[Gambar: 904254.gif]

thanx kang infonya


[Gambar: 320pxsmircthumbsup.png]



saya nggak mbingungin sampean, sampean jangan bingung karena saya
begitu juga sebaliknya dan jangan di bolak balik
14-01-2011
12:18 AM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #184
 
Jangan sampai salah beli kang, kalau mengkilap biasanya stailess. yang digambar diatas itu stainless steel
14-01-2011
12:27 AM
kutip |
Tommykwitang
Solfers


Postingan: 1.650
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #185
 
Busyet dah mau pake kern besi biasa, apa kuat ngegulungnya? Lagian belum pernah lihat besi atau baja biasa dipake untuk trafo. Kalau kern EI dipasar kenari juga ada. Dekat kepinggir jalan Salemba mepet kepager, kalau masuk dari Salemba ada dipojok kiri diluar bangunan utama kiosnya. Tapi belum tau apa ada yg untuk model toroid. Tapi biasanya mereka mau mengusahakan kalau memang ada yg pesan. Kern dan tembaga hitungannya kiloan, minimum 1/4 kg, tembaga sepertinya boleh per onz.

Oh ya jangan lupa sebelum digulung atau ditata kern harus direndam dulu disirlak cair, agar tak terjadi kontak listrik antara lapisan. Kalau ada yg kontak disitu akan terjadi panas yg tinggi dan kerugian daya yg cukup besar.

Iya yg baik untuk kern itu warnanya ke abu2an atau hitam lebih bagus seperti yg pernah dipakai trafo Sankyu di tahun 1980an.
14-01-2011
12:32 AM
kutip |
Tommykwitang
Solfers


Postingan: 1.650
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #186
 
Bang Gea, mau nanya nih saya lupa istilah efek Edi Keren maksudnya apa yah?
14-01-2011
12:43 AM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #187
 
Betul Om Tommy,  karena ada kandungan siliconnya jadi warna kayak warna pasir agak abu-abu...kalau saya dulu semprot pakai pilox transparan sebelum disusun.

Gambar dibawah cukup menjelaskan

[Gambar: 41243330.gif]
14-01-2011
12:52 AM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #188
 
Pemahaman saya tentang Eddy Current;

saya analogikan dengan impedansi speaker (koq lari ke speaker  =)) ) mana yang lebih panas coilnya impedansi 2 ohm, 4 ohm atau 8 ohm.

semakin konduktor bahan, semakin kecil resistivitynya, semakin banyak flux yang diubah jadi panas.

Tetapi bahan yang ferromagnetik, permiability tinggi sedangkan saturasi flux juga tinggi, akan sulit menghilangkan flux magnet yang tersimpan sehingga butuh flux magnet yang lebih besar untuk merubah arahnya.

Jadi terlalu konduktor gak bagus, resistivutynya terlalu tinggi juga gak bagus.


Sedikit tambahan:
Kadang untuk mengontrol aliran flux, orang menambahkan gap/celah. Tentunya dengan perhitungan rumus, berapa lebar celah yang pas. Jadi seolah-olah permiability (resistivity kalo dalam rangkain elektrik) bisa di tentukan berapapun nilainya.
[Gambar: 65788425.gif]

Untuk melihat campuran pengotor untuk bahan, mana yang pas antara permiability dan saturasi bahan orang menggunakan kurva B-H
14-01-2011
01:03 AM
kutip |
Tommykwitang
Solfers


Postingan: 1.650
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #189
 
Ok trims, ternyata istilah yg betul eddy current. Saya kira Edie keren yang suka nampang alias sok keren sambil dagang trafo. :\/

Jadi ini alasan mengapa besi murni atau baja asli yg terlalu konduktor tidak digunakan, besi lunak campuran lebih banyak dipakai.
14-01-2011
01:21 AM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #190
 
Untuk komersial, core besi  selain CRGO sudah tidak digunakan lagi karena mentok dengan regulasi masalah efisiensi daya (wong, stand by mode saja sekarang dibatasi daya maksimumnya)  :D

Tapi bagi DIY'er kadang mengabaikan hal-hal tersebut, tube/valv amplifier saja yang efisiensi rendah masih digila-gilain sama DIY'ERs  :)

Jadi bagi DIY'ers menurut saya tidak ada salahnya sedikit mengabaikan regulasi efisiensi daya tetapi dengan imbalan ilmu dan sampah yang bisa dimanfaatkan jadi barang yang lebih bernilai.
14-01-2011
01:34 AM
kutip |
Tommykwitang
Solfers


Postingan: 1.650
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #191
 
Gea link=topic=1630.msg40284#msg40284 date=1294943699 Menuliskan:Untuk komersial, core besi  selain CRGO sudah tidak digunakan lagi karena mentok dengan regulasi masalah efisiensi daya (wong, stand by mode saja sekarang dibatasi daya maksimumnya)  :D

Tapi bagi DIY'er kadang mengabaikan hal-hal tersebut, tube/valv amplifier saja yang efisiensi rendah masih digila-gilain sama DIY'ERs  :)

Jadi bagi DIY'ers menurut saya tidak ada salahnya sedikit mengabaikan regulasi efisiensi daya tetapi dengan imbalan ilmu dan sampah yang bisa dimanfaatkan jadi barang yang lebih bernilai.


Tuh dengar apa kata embah Gea, mendaur ulang barang bekas adalah bagian dari melestarikan alam, kita bergembira dgn hobby kita sambil membersihkan sampah menjadi manfaat.

Tapi kalau bicara tabung, saya sudah coba merakit tahun 1976 untuk pesta disco, pre amp nya tabung dan power amplinya transistor 2N3055/MJ2955. Wah suaranya benar2 mantap. Kalau full tabung malah bassnya ngambang. Sedangkan pre amp transistor penguat dayanya tabung ogah deh komentarnya.

Tahun 1986 saya rakit mixer tabung 12AX7 semuanya utk penguat mic maupun tape deck dan TT (Turn-Table), penguat daya transistor 2N3055 (OCL) dan linear modulator tabung 2x 811 untuk mendorong modulasi pemancar AM 2x 813 di Banten. Radio broadcat yg lain teriak protes karena iklannya pindah ketempat saya, mereka bilang radio pemerintah tidak boleh untuk cari duit. memang saya suka keliling kota naik sepeda untuk memantau pendengar, hampir semua rumah terdengar suara siaran radio yg saya rakit. Tapi sayangnya pre amp tabung agak sulit nyari potensio untuk volume dan tone controlnya karena butuh yg nilainya antara 1M~2M.

Wah maaf nih jadi bernostalgia alias oot.
14-01-2011
02:02 AM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #192
 
Kalau saya salut sama orang ini, bagi kita mungkin jadi tumpukan sampah tapi bagi orang ini jadi sumber penghasilan  :-bd :-bd

=)) =)) =)) =))

[Gambar: gabungk.jpg]
14-01-2011
02:14 AM
kutip |
Rohmadfauzi
Solfree


Postingan: 330
Terdaftar: Dec 2010
yogyakarta
Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #193
 
Btl kang kita harus menjaga lingkungan,walaupun kita suka pencemaran suara,alias suka brisik,hehehe... :))
14-01-2011
08:02 AM
kutip |
kloengsoer
Solfers


Postingan: 1.337
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #194
 
bagaimana kalau koefisien berat kawat dijadikan rujukan untuk menggulung trafo,  :-??

sempat tanya  tukang servis  gulung rotor dan stator teryata tidak dihitung jumlah lilitannya cukup ditimbang kemudian dibelikan yang sama, karena satuan pembelian kawat itu dalam berat katanya, berkaca dari itu kalau kita terapkan dalam wekel trafo ini bisa diterima secara nalar tidak ya ?

misal : dari bangkai trafo toroid 20a ct 55v didapat angka  kawat primer 3 mm berat 0,25 Kg kawat skunder 6mm berat 2kg

dari persamaan itu kalau kita ingin punya trafo 200A angka diameter dan berat kawat  tersebut dikalikan 10 atau sesuai keinginan kita

nb: angka2 cuma permisalan


kurang dan lebih mohon maklum adanya
16-01-2011
10:28 PM
kutip |
Tommykwitang
Solfers


Postingan: 1.650
Terdaftar: Aug 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #195
 
Pencemaran suara yg kita timbulkan bisa menimbulkan keharuman, orang berbakat jadi terkenal. Sama sekali bukan pencemaran nama baik. :\/

Cara main timbang bisa dilakukan untuk service trafo atau dynamo, tapi untuk rancang baru harus dihitung dulu. Kecuali produksi massal cara timbang akan memudahkan dalam membuat cloningnya. Ketika menggulung trafo pertama kita timbang berat kawat yg kita pakai menggulung, sisanya ditimbang, maka diketahui berat yg terpakai. Clonningnya tinggal sesuaikan berat kawat dengan produk awal.

Kalau modal sudah cukup kita beli penggulung trafo yg sudah ada penghitung lilitannya saat menggulung trafo roti. Tapi untuk Toroid tetap menggunakan tehnik timbangan, krn toroid harus digulung pakai tangan dgn seni keterampilan kita.
16-01-2011
11:56 PM
kutip |
Gea
Solfers


Postingan: 579
Terdaftar: Sep 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #196
 
Betul kata Om Tommy, kalau kita menggulung ulang atau sudah punya prototype-nya bisa dengan cara timbang. Tapi kalau desain baru, mau gak mau kita harus hitung dulu berapa ruang tersedia, berapa keliling, sesuaikan dengan diameter kawat, panjang enamel, kali berat jenis, terus baru beli kiloan.

Ada desain untuk trafo EI saya buat ternyata ruangnya tidak cukup untuk diameter enamel yang direkomendasikan, padahal dengan luas Kern sudah lebih dari cukup fluxnya untuk mendapatkan ampere yang diinginkan, jadi terpaksa diameter enamel yang dikurangi supaya muat di dalam kern.

Kalau desain baru terpaksa kita coba-coba dulu gambarnya, hitung-hitungan. apakah kern yang diperbesar atau gulungan dikurangi atau diameter enamel yang dikorbankan. Musti dipertimbangkan mana yang kerugian paling keil.
17-01-2011
01:14 AM
kutip |
ponkins
Solfree


Postingan: 8
Terdaftar: Jan 2011

Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #197
 
dulu tahun 2004 saya jg pernah coba-coba gulung sendiri trafo donat,pakai trafo bekas yg udah rusak,waktu itu sih saya ngukurnya cuma kira-kira di samain sama bekas gulungan yg lama,tp pakai tembaga yg lebih gede..alhamdulillah sampai sekarang masih awet masih dipakai bapakku buat suplai amplinya..
17-01-2011
01:29 PM
kutip |
wis
Solfree


Postingan: 57
Terdaftar: Jan 2011

Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #198
 
kayaknya topik trafo asik nih. Ilmunya aku sedot ya.. ! :D
17-01-2011
03:27 PM
kutip |
Yassud
Solfers Donatur


Postingan: 1.053
Terdaftar: Aug 2010
Duri-Riau
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #199
 
Mas Gea, btw untuk pembalut paling luar toroid yang warna putih itu bahan apa ya- bagus , apa ini bahan khusus trf.
19-01-2011
11:09 PM
kutip |
soerdjanto
Solfers


Postingan: 2.932
Terdaftar: Aug 2010
Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #200
 
Yassud link=topic=1630.msg42085#msg42085 date=1295453380 Menuliskan:Mas Gea, btw untuk pembalut paling luar toroid yang warna putih itu bahan apa ya- bagus , apa ini bahan khusus trf.

pake plastik / kertas yg tahan panas.
usahakan yg lumaya tebal


saya nggak mbingungin sampean, sampean jangan bingung karena saya
begitu juga sebaliknya dan jangan di bolak balik
20-01-2011
12:11 AM
kutip |