Create an Account
x

Log in

Username:

Password:
 

or Register

  Lupa Password/Reset Password?






orang mengakses topik ini: 1 Tamu
Bagikan ke: Facebook Twitter
Komentari 
Hal Penting Sebelum Meng-Upgrade Audio Kendaraan
spardi
Solfree

Postingan: 1
Terdaftar: Sep 2014
Memiliki kendaraan dengan kualitas audio mumpuni, dan enak didengar menjadi dambaan bagi sebagian banyak orang. Namun, ada yang puas dengan audio standar bawaan pabrik, ada juga yang tidak. Ini karena masing-masing telinga memiliki selera dan standar kualitas suara berbeda-beda.

Menurut sejumlah pakar audio, hal awal yang harus diperhatikan saat ingin meng-upgrade, pelajari terlebih dahulu basic dari audio kendaraan.

Pada dasarnya semua mobil sudah memiliki audio standard, terdiri dari head unit (HU), sebagai otak utama pemutar tape atau cd, dvd, radio dan audio/tv, ada juga yang sudah built in dengan USB atau teknologi lainnya. Kemudian, sepasang speaker di pintu depan dan di pintu belakang (namun tidak semua ada tergantung dari seri kendaraan).

Sebelum meng-upgrade, tentukan apa yang menurut Anda kurang dari sistem audio standar kendaraan. Sehingga Anda benar saat memutuskan upgrade, yang mungkin akan Anda dikomunikasikan kepada installer atau toko audio yang dipilih.

Jika audio standar mobil Anda kurang bisa mengeluarkan suara bagus, ataupun vokal penyanyi kedengaran mendem, kurang jernih, dan kurang detail, berarti perlu Anda upgrade.

Perlu Anda ketahui pula, speaker yang bagus tidak berdiri sendiri. Biasanya satu kesatuan, yang disebut component speaker (speaker split), yaitu terdiri dari sepasang midbass, sepasang twetter dan sepasang crossover pasif. Fungsinya adalah tempat untuk membagi sumber suara.

Bagi Anda penggemar lagu hip hop atau disco, dibutuhkan suara bass yang panjang dan berat. Di sini mungkin speaker standar mobil Anda terasa kurang mumpuni.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah menambah sebuah speaker yang lebih besar diameternya, yang biasa disebut subwoofer.

Permasalahannya tidak semua HU mampu membunyikan subwoofer yang membutuhkan daya lebih besar. Untuk itu, dibutuhkan power tambahan yang disebut amplifier.

Alat ini dibutuhkan karena beberapa speaker juga membutuhkan power lebih besar agar dapat mengeluarkan suara optimal. Amplifier juga dipercaya dapat mengubah karakteristik suara yang keluar dari speaker.

Mengenai amplifier untuk subwoofer, sekarang sudah ada pilihan subwoofer aktif. Di mana power dan subwoofer sudah menjadi satu kesatuan, sehingga tinggal dihubungkan dengan HU, dan tidak memerlukan amplifier tambahan. Namun, perlu diingat suaranya tidak sebagus subwoofer pasif yang amplifier-nya terpisah.

Kembali ke awal, jika audio standar kendaraan Anda dirasa memiliki suara cukup mumpuni, dalam hal ini sesuai dengan selera, stop! Audio Anda tidak perlu di-upgrade.
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 02-09-2014
Quote this message in a reply
Komentari 





Antoni Pasaribu | Solfegio Forum Lama

DMCA.com Protection Status
Statistik
Yang mengakses SF saat ini sebanyak 98 orang.
» 0 Anggota SF | 98 Tamu


» Jumlah Anggota: 48.804
» Jumlah Topik: 13.542
» Jumlah Postingan: 239.693
» Anggota Baru: LukasEddie
Statistik Lengkap

News

Latest Threads
tortor embas
Last Post: rezkyunitaa_
Ogung & Elek-elek
Last Post: rezkyunitaa_
YEP style Batak
Last Post: rezkyunitaa_
Solfegio YEP v.1
Last Post: rezkyunitaa_
Software Simulasi Skema (...
Last Post: Marthin
Test ......ketik posting....
Last Post: Marthin
Perkenalan
Last Post: Marthin
OCL 150 TEF
Last Post: Begelz
Salam kenal
Last Post: Begelz
Teori Ground Brigde Pada ...
Last Post: keyla
CLASS TD
Last Post: mintu
Tentang steper h900 tef
Last Post: Abraham
Cara Merancang Amplifier
Last Post: Abraham
PERKENALAN
Last Post: Abraham
Sampling SULING / Serulin...
Last Post: rezkyunitaa_
GONDANG BATAK + STRINGS
Last Post: rezkyunitaa_
Belajar Buat Style
Last Post: rezkyunitaa_
Style Goyang Dumang
Last Post: rezkyunitaa_
style patam
Last Post: rezkyunitaa_
Elek-Elek
Last Post: rezkyunitaa_