Create an Account
x

Log in

Username:

Password:
 

or Register

  Lupa Password/Reset Password?






orang mengakses topik ini: 1 Tamu
Bagikan ke: Facebook Twitter
Komentari 
REVIEW CASIO CT-X700/CT-X800
Herdjati P
Solfers

Postingan: 2.135
Terdaftar: Aug 2012
CATATAN: Tidak ada perbedaan antara CT-X700 dan CT-X800, selain adanya tambahan flashdisk dan pitch bend pada CT-X800, serta banderol harganya yang sedikit lebih mahal

Beberapa hari yang lalu, saya membeli Casio CT-X700. Kebetulan keyboard ini saya pesan online via Bukalapak, dan mendapatkan banderol Rp2.200.000 (hemat 100 ribu dari harga pasarannya). Alasan saya memilih CT-X700 ketimbang seri diatasnya, adalah murni karena keterbatasan budget yg ada saat ini, dan sesuai kebutuhan juga yaitu untuk latihan dan live performance, bukan untuk keyboard organ tunggal.

Setelah beberapa hari ini memainkan CT-X700 ini, akhirnya saya bisa menguasai seisi penuh keyboard ini dan disini saya akan share poin poin penting dalam keyboard portable teranyar besutan Casio ini.

1. Kualitas suaranya sudah sangat baik dibandingkan keyboard pemula lain dengan level yang sama, dan juga merupakan perkembangan yang signifikan dibanding seri Casio terdahulu. Bayangkan saja, dengan harga 2 jutaan, kita sudah bisa menikmati sound yang bisa dibilang setara dengan produk keyboard yang berharga 5 jutaan keatas. CT-X700 memiliki 600 jenis voice. lebih banyak dibanding produk sekelasnya yang umumnya hanya 400-an

2.Kualitas tone sudah cukup memadai. Saya suka dengan karakter suara piano, saxophone, bass, gitar, synth, dan drum. Semua tone ini disusun secara kategorial. Ada tombol category yang memudahkan anda berpindah jenis tone tanpa harus scroll melalui menu nomor.

3. Bagi anda yang senang bermain musik kontemporer. Casio CT-X700 memiliki koleksi style preset yang fantastis jika dibandingkan dengan seri Casio sebelumnya. Ada bermacam jenis style pop modern yang mirip suaranya dengan beberapa lagu terkenal. Untuk Anda pemain jazz, banyak style jazz yang memadai untuk memainkan lagu lagu standard jazz dari Real Book, dan repertoire jazz lainnya

4. Fitur yang kaya seperti Chord Acompaniment Type Fingered On bass, Full Fingered, dan C. Dengan Tipe Finger On Bass misalnya, kita bisa memainkan Chord C/E, G/B, dll dengan mudah dan membentuk aransemen yang profesional. Selain itu, terdapat layer (dual voice), auto harmonize, arpeggiator, split, dan juga registration sebanyak 4 x 8 bank. Fitur yang kaya ini meneruskan tradisi produk Casio yang selalu menawarkan banyak fitur dengan harga yang terjangkau.

5. Harus saya akui, bahwa suara output-nya sangat powerful dan bagus. Kalau Anda bermain live bersama band dan keyboard tersambung dengan amplifier atau sound system, mungkin pemain band Anda akan mengira bahwa Anda memakai keyboard jenis Synthesizer, karena ukurannya yang kecil dengan suara yang sangat bagus. Fantastis!

6. Tidak seperti produk kompetitor. CT-X700 memungkinkan Anda untuk loading style tambahan. Keyboard memiliki kapasitas sebesar 10 style di dalam memorinya dan proses loading style menggunakan aplikasi Data Manager dari Casio. Ini memudahkan untuk pemain organ tunggal. CT-X700 bisa membaca style dari semua keyboard Casio yang terdahulu, mulai dari CTK, WK, sampai Privia - dengan catatan style tersebut harus memiliki 2 variasi main dengan 1 intro/ending dan berformat *AC7. Khusus CT-X800, tersedia slot flashdisk untuk loading style dan song dengan lebih cepat dan mudah.

Beberapa Kekurangan:

1. Khusus CT-X700: Loading style menggunakan Data Manager mungkin menyulitkan bagi sebagian besar player tunggal, karena harus menyiapkan laptop/notebook. Solusi dari masalah ini dapst diatasi dengan me-loading style yang benar benar diperlukan saja di keyboard.

2. Untuk memainkan musik Jazz dengan style, keyboard tidak dapat mendeteksi extended chord seperti 9, 11, 13, dan Altered. Ini bisa diatasi dengan memakai Full Fingered Chord, dan memainkan chord tersebut secara manual dengan tone piano saat memainkan style.

Kesimpulan:
Overall, performa Casio CT-X700/X800 yang diatas rata-rata pada range harga 2-3 jutaan membuatnya cocok untuk keyboardist di segala level. Kualitas suaranya sudah cukup menadai untuk live performance, dan cocok untuk penggunaan band atau studio. Bagi pemula, bentuk tuts nya yang didesain kotak seperti piano (masih sama dengan Casio seri sebelumnya) membuat keyboard ini nyaman digunakan untuk mereka yang sedang belajar dan memudahkan untuk transisi dari keyboard ke piano. Untuk penggunaan organ tunggal, keyboard ini juga sudah memadai, tetapi karena sistem loading style menggunakan software, mungkin agak merepotkan bagi sebagian player - yang membutuhkan banyak style dengan cepat. Saya lebih merekomendasikan Casio CT-X800 untuk organ tunggal, karena dilengkapi dengan flashdisk.


Baca Juga Topik Yang Mirip di bawah ini:
Review Casio Ctk 7000
Casio CT-X
[POLL] mengapa harga jual kembali casio itu jatuh ???
CASIO MZ-X500 Instrument Definition
CASIO MZ-X500 Style Batak & Karo
CASIO MZ-X500 Pop
CASIO MZ-X500 Unboxing & First test
casio mzx300/500
TUTORIAL SAMPLING PC DI CASIO CTK 7000
TUTORIAL MEMBUAT RHYTHM CASIO DENGAN CAKEWALK PRO AUDIO 9 DAN IDES 4

GUNAKAN BAHASA INDONESIA | UPDATE PROFIL ANDA | UPGRADE LEVEL MEMBER ANDA

Herdjati Pravito (herdjatipravito@gmail.com)
Premieum exp: Unlimited
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 16-12-2018
(Postingan ini telah diubah pada : 18-12-2018 08:08 PM oleh Herdjati P.)
Quote this message in a reply
Komentari 





Antoni Pasaribu | Solfegio Forum Lama

DMCA.com Protection Status
Statistik
Yang mengakses SF saat ini sebanyak 95 orang.
» 0 Anggota SF | 95 Tamu


» Jumlah Anggota: 43.999
» Jumlah Topik: 13.435
» Jumlah Postingan: 238.906
» Anggota Baru: Xtgem
Statistik Lengkap

News

Latest Threads
STYLE DUT KOPLO TERBARU
Last Post: Jajangjaelani
Teori Ground Brigde Pada ...
Last Post: sofyanmashuri
Kenapa Speaker Cannon Dia...
Last Post: Addii
Speaker Legacy+Cannon
Last Post: Addii
perkenalan
Last Post: MASTOYO
Bedah Trafo
Last Post: masbramajalah
Menggulung Ulang Trafo To...
Last Post: masbramajalah
Perkenalan
Last Post: Plencong
Dangdut Koplo ala sera Ca...
Last Post: blogkatoku
Pilih speaker yg cocok bu...
Last Post: SafiiePc
Review Casio Ctk 7000
Last Post: Herdjati P
REVIEW CASIO CT-X700/CT-X...
Last Post: Herdjati P
MODIF DRIVER SANKEN 400 W...
Last Post: ardhapro
Perkenalan
Last Post: ardhapro
menentukan nilai Resistor...
Last Post: nanggolo
Modifikasi Psu Pc Untuk P...
Last Post: nanggolo
Karakter Box Mini Scop, B...
Last Post: nanggolo
Menambah Treble Pada Tone...
Last Post: nanggolo
P.A Safari 400watt :: Hig...
Last Post: nanggolo
ingin nambah Bass menggel...
Last Post: nanggolo