Create an Account
x

Log in

Username:

Password:
 

or Register

  Lupa Password/Reset Password?






orang mengakses topik ini: 1 Tamu
Bagikan ke: Facebook Twitter
Komentari 
(Trafo) Bagaimana Menentukan Diameter Kawat?
ZETTA
Solfree

Postingan: 20
Terdaftar: Sep 2011
Jika saya ingin menggulung trafo yang mampu mengalirkan arus sebesar 20A, berapa diamater kawat tembaga (enamel) yang harus digunakan? pertanyaan yang sering muncul dan mudah-mudahan setelah ini tidak lagi muncul pertanyaan itu.

Standar yang sering digunakan adalah 2,5 - 3 Ampere/mm[sup]2[/sup].

Contoh:
Saya menginginkan keluaran sekunder trafo 20 Ampere, jadi diameter kawat tembaga enamel yang harus saya gunakan adalah (berpatokan pada 3 ampere/mm[sup]2[/sup]):
Luas penampang (A) kawat yang dibutuhkan adalah = 20 ampere / 3 ampere/mm[sup]2[/sup]
= 6,67 mm[sup]2[/sup]
Karena penampang kawat berupa lingkaran maka berdasarkan rumus luas lingkaran A = phi.R[sup]2[/sup], jadi :
R = (A / phi)[sup]1/2 [/sup]= 1,46 mm
Diamater kawat (D) = 2.R = 2 * 1,46 mm = 2,92 mm


Lihat tabel AWG
[Gambar: copper-awg-metric-table.jpg]

Jadi yang paling mendekati adalah menggunakan kawat tembaga enamel AWG 9 dengan diamater 2,91 mm

* (MOMOD) maaf, jika double posting mohon dihapus saja..Thx.


Baca Juga Topik Yang Mirip di bawah ini:
trafo aneh, bener-bener nggak ada tulisannya.
PERBEDAAN TRAFO MURNI DENGAN YANG TIDAK MURNI
Ask..Bagaimana cara memotong pcb lembaran
Cara menggabungkan 2 trafo non ct menjadi 1
Menggulung Ulang Trafo Toroid
Bagaimana cara membuat genset rakitan?
Kualitas trafo Dari segi merek
Tap primer trafo
Bagaimana cara merekam / record suara dari soud system
Bedah Trafo

GUNAKAN BAHASA INDONESIA | UPDATE PROFIL ANDA | UPGRADE LEVEL MEMBER ANDA
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 24-09-2011
Quote this message in a reply
motto
Solfree

Postingan: 20
Terdaftar: Apr 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 10-12-2011
Quote this message in a reply
agon
Solfree

Postingan: 3
Terdaftar: Dec 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 14-12-2011
Quote this message in a reply
syawel
Solfree

Postingan: 5
Terdaftar: Dec 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 14-12-2011
Quote this message in a reply
SOESILO
Solfree

Postingan: 39
Terdaftar: Dec 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 22-12-2011
Quote this message in a reply
adrian
Solfree

Postingan: 3
Terdaftar: Apr 2011
ZETTA timestamp='1316840110' post='116860 Menuliskan:Jadi yang paling mendekati adalah menggunakan kawat tembaga enamel AWG 9 dengan diamater 2,91 mm
grusak, kabruk, kejet2 semaput metu umpluke (ayane kumat) gara2 kaget, koq gede banget
q gulung travo, keluar 25A, pake kawat sekunder 1,8mm kog gak panas sama sekali ya, cuma anget.
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 12-01-2012
Quote this message in a reply
JOHN WIDHI
Solfree

Postingan: 341
Terdaftar: Nov 2010
20Amper pake kawat yg diameter 3mm aja...kekar nih kawatnya, ngelawan banget gulungnya [img src='http://www.SOLFEGIO.com/public/style_emoticons/<#EMO_DIR#>/big_smile.gif' class='bbc_emoticon' alt=':D' />
bisa juga pake 2 x 2mm biar gampangan dikit gulungnya [img src='http://www.SOLFEGIO.com/public/style_emoticons/<#EMO_DIR#>/happy.png' class='bbc_emoticon' alt=':)' />
tempat saya beli kawat tidak tahu ukuran AWG, tahunya kawat ukuran 0.1 0.15 0.2 0.25 0.3 dst...
yg namanya S (luas penampang kawat) bisa dipilih dari 3 A/mm[sup]2[/sup] sampai 5 A/mm[sup]2[/sup] , sedangkan pada daftar AWG digunakan 2.82 A/mm[sup]2[/sup] ...
silakan sesuaikan selera & keperluan masing2
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 03-02-2012
Quote this message in a reply
Taufik Edi
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jun 2011
untuk menentukan kawat primernya,ada yang tahu ndak mohon bimbingan.
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 12-02-2012
Quote this message in a reply
nurdiwan
Solfree

Postingan: 83
Terdaftar: Jan 2018
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 06-02-2018
Quote this message in a reply
jockigalau
Solfree

Postingan: 51
Terdaftar: Mar 2018
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 06-04-2018
Quote this message in a reply
Komentari 






Antoni Pasaribu | Solfegio Forum Lama

DMCA.com Protection Status
Statistik
Yang mengakses SF saat ini sebanyak 106 orang.
» 1 Anggota SF | 105 Tamu
Antoleo


» Jumlah Anggota: 42.613
» Jumlah Topik: 13.373
» Jumlah Postingan: 238.451
» Anggota Baru: ginukginuk
Statistik Lengkap

News

Latest Threads
speaker subwoofer 4ohm vs...
Last Post: masbramajalah
Bombaster 200 Watt Driver...
Last Post: masbramajalah
rakit OCL 150w kurang man...
Last Post: masbramajalah
pre out untuk TC
Last Post: masbramajalah
Distribusi Line Input Pow...
Last Post: masbramajalah
CROWN XLS 602 FULL MODIF ...
Last Post: Andycha
apa resistor metal film j...
Last Post: Andycha
box spaker 2x18 model ini
Last Post: Andycha
Apa Kareba ceppo' ?
Last Post: Andycha
Salam Kenal
Last Post: dudamn
Crescendo Amp
Last Post: masbramajalah
Salam kenal
Last Post: oziharefa
Blameless Amplifier
Last Post: masbramajalah
Merapikan style via softw...
Last Post: andhang
Tulungagung
Last Post: joshroy
Pemilihan TR Toshiba OCL ...
Last Post: masbramajalah
YIROSHI QUASY COMPLEMENTA...
Last Post: masbramajalah
seputar ocl sx200w
Last Post: masbramajalah
0Cl 150 Kurang Maksimal
Last Post: Arba_bae
ocl bell 300w psu dipcb
Last Post: masbramajalah