Create an Account
x

Log in

Username:

Password:
 

or Register

  Lupa Password/Reset Password?






orang mengakses topik ini: 1 Tamu
Bagikan ke: Facebook Twitter
Komentari 
(Trafo) Bagaimana Menentukan Diameter Kawat?
ZETTA
Solfree

Postingan: 20
Terdaftar: Sep 2011
Jika saya ingin menggulung trafo yang mampu mengalirkan arus sebesar 20A, berapa diamater kawat tembaga (enamel) yang harus digunakan? pertanyaan yang sering muncul dan mudah-mudahan setelah ini tidak lagi muncul pertanyaan itu.

Standar yang sering digunakan adalah 2,5 - 3 Ampere/mm[sup]2[/sup].

Contoh:
Saya menginginkan keluaran sekunder trafo 20 Ampere, jadi diameter kawat tembaga enamel yang harus saya gunakan adalah (berpatokan pada 3 ampere/mm[sup]2[/sup]):
Luas penampang (A) kawat yang dibutuhkan adalah = 20 ampere / 3 ampere/mm[sup]2[/sup]
= 6,67 mm[sup]2[/sup]
Karena penampang kawat berupa lingkaran maka berdasarkan rumus luas lingkaran A = phi.R[sup]2[/sup], jadi :
R = (A / phi)[sup]1/2 [/sup]= 1,46 mm
Diamater kawat (D) = 2.R = 2 * 1,46 mm = 2,92 mm


Lihat tabel AWG
[Gambar: copper-awg-metric-table.jpg]

Jadi yang paling mendekati adalah menggunakan kawat tembaga enamel AWG 9 dengan diamater 2,91 mm

* (MOMOD) maaf, jika double posting mohon dihapus saja..Thx.


Baca Juga Topik Yang Mirip di bawah ini:
Menggulung Ulang Trafo Toroid
Bedah Trafo
Bagaimana cara merekam / record suara dari soud system
PERBEDAAN TRAFO MURNI DENGAN YANG TIDAK MURNI
Tap primer trafo
trafo aneh, bener-bener nggak ada tulisannya.
Ask..Bagaimana cara memotong pcb lembaran
Cara menggabungkan 2 trafo non ct menjadi 1
Bagaimana cara membuat genset rakitan?
Kualitas trafo Dari segi merek

GUNAKAN BAHASA INDONESIA | UPDATE PROFIL ANDA | UPGRADE LEVEL MEMBER ANDA
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 24-09-2011
Quote this message in a reply
motto
Solfree

Postingan: 20
Terdaftar: Apr 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 10-12-2011
Quote this message in a reply
agon
Solfree

Postingan: 3
Terdaftar: Dec 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 14-12-2011
Quote this message in a reply
syawel
Solfree

Postingan: 5
Terdaftar: Dec 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 14-12-2011
Quote this message in a reply
SOESILO
Solfree

Postingan: 39
Terdaftar: Dec 2011
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 22-12-2011
Quote this message in a reply
adrian
Solfree

Postingan: 3
Terdaftar: Apr 2011
ZETTA timestamp='1316840110' post='116860 Menuliskan:Jadi yang paling mendekati adalah menggunakan kawat tembaga enamel AWG 9 dengan diamater 2,91 mm
grusak, kabruk, kejet2 semaput metu umpluke (ayane kumat) gara2 kaget, koq gede banget
q gulung travo, keluar 25A, pake kawat sekunder 1,8mm kog gak panas sama sekali ya, cuma anget.
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 12-01-2012
Quote this message in a reply
JOHN WIDHI
Solfree

Postingan: 341
Terdaftar: Nov 2010
20Amper pake kawat yg diameter 3mm aja...kekar nih kawatnya, ngelawan banget gulungnya [img src='http://www.SOLFEGIO.com/public/style_emoticons/<#EMO_DIR#>/big_smile.gif' class='bbc_emoticon' alt=':D' />
bisa juga pake 2 x 2mm biar gampangan dikit gulungnya [img src='http://www.SOLFEGIO.com/public/style_emoticons/<#EMO_DIR#>/happy.png' class='bbc_emoticon' alt=':)' />
tempat saya beli kawat tidak tahu ukuran AWG, tahunya kawat ukuran 0.1 0.15 0.2 0.25 0.3 dst...
yg namanya S (luas penampang kawat) bisa dipilih dari 3 A/mm[sup]2[/sup] sampai 5 A/mm[sup]2[/sup] , sedangkan pada daftar AWG digunakan 2.82 A/mm[sup]2[/sup] ...
silakan sesuaikan selera & keperluan masing2
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 03-02-2012
Quote this message in a reply
Taufik Edi
Solfree

Postingan: 167
Terdaftar: Jun 2011
untuk menentukan kawat primernya,ada yang tahu ndak mohon bimbingan.
Premieum exp: unregistered
Donatur exp: unregistered

postingan pada: 12-02-2012
Quote this message in a reply
nurdiwan
Solfree

Postingan: 83
Terdaftar: Jan 2018
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 06-02-2018
Quote this message in a reply
jockigalau
Solfree

Postingan: 52
Terdaftar: Mar 2018
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 06-04-2018
Quote this message in a reply
sarmun
Solfree

Postingan: 1
Terdaftar: Mar 2015
mohon bimbingan, bagaimana efek menambah lilitan untuk menambah volt dengan kabel biasa pada trafo toroid tanpa membongkar?
Premieum exp:
Donatur exp:

postingan pada: 08-08-2020
Quote this message in a reply
Komentari 





Antoni Pasaribu | Solfegio Forum Lama

DMCA.com Protection Status
Statistik
Yang mengakses SF saat ini sebanyak 179 orang.
» 0 Anggota SF | 179 Tamu


» Jumlah Anggota: 49.802
» Jumlah Topik: 13.563
» Jumlah Postingan: 239.814
» Anggota Baru: SoundsGreat
Statistik Lengkap

News

Latest Threads
Teori Ground Brigde Pada ...
Last Post: Blaster
Style Pop
Last Post: aietech
Style Yamaha PSR S910
Last Post: Zahratunnisa
Salam Kenal
Last Post: DANIELAJI
box speaker 18 fabulus
Last Post: projec_ex_media
SALAM KENAL
Last Post: projec_ex_media
MODIF DRIVER SANKEN 400 W...
Last Post: projec_ex_media
Salam kenal
Last Post: projec_ex_media
CTK 5000
Last Post: Maspoer
Cara Nge-Print PCB dengan...
Last Post: erwin_ngalam
SKEMA DBX166A
Last Post: erwin_ngalam
salam kenal
Last Post: Guns_iex
BOX CBS.. box speaker yg ...
Last Post: dosis_r
Test ......ketik posting....
Last Post: WawansaputraKN
Absensi Warga Solo dan se...
Last Post: dosis_r
Speaker Legacy+Cannon
Last Post: dosis_r
(Trafo) Bagaimana Menentu...
Last Post: sarmun
Apa Kareba ceppo' ?
Last Post: Andycha
Gendang Dangdut Sampling ...
Last Post: magesy
Gendang & Bass Dangdut
Last Post: magesy