orang mengakses topik ini: 1 Tamu
Rakit Trafo Yuk?
yansen
Solfers


Postingan: 1.716
Terdaftar: Jul 2011
manado
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #241
RE: Rakit Trafo Yuk?
kalo pake ampere meter harus ada beban,, kalo cuma blazer bebannya masih terlalu kecil,, spekernya sudah teriak dan joget,, eeee amper meternya cuma senyum kecil nggak nyampe 3 amper padahal tiap kali tendangan low volt meter bergerak dari 220 turun sampe 200v106106106
03-06-2012
06:18 AM
kutip |
JOHN WIDHI
Solfree


Postingan: 341
Terdaftar: Nov 2010
BALI
Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #242
RE: Rakit Trafo Yuk?
(02-06-2012 07:55 AM)yansen Menuliskan:  bli john, aku baru selesai gulung toroid ,, tapi aku nggak tau keluar berapa amper core bekas regulator 3kva tinggi 5 tebal 4,5 primer 550 lilitan kawat 1,2 mm sekunder 165 x2 kawat 1,8 mm diukur keluar 64 vac aku nggak tau hitung ampernya 4
Gk usah diukur, dibandingkan saja dengan post #49
didonload Wire Number 1-40.doc
maksimal arusnya yg S=5A/mm2.
Tp klo mau ngukur murninya sy gk tau cara yg bagus, yg bisa dicoba dikasi beban R atau bohlam yg bnyk.
Trus diukur ampernya berapa...
Lumayan bingung jg kan, makanya lebih bagus metode perbandingan saja. Bisa jg dibandingkan besar kawat dgn trafo yg sdh jadi, trafo nol yg dijadikan patokan soalnya kawat trafo nol lebih besar
(tp tetep aja gk sesuai tabel saya)
03-06-2012
10:19 AM
kutip |
yansen
Solfers


Postingan: 1.716
Terdaftar: Jul 2011
manado
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #243
RE: Rakit Trafo Yuk?
saya coba kasih beban kawat las listrik ternyata bisa buat ngelas.. diukur pake ampere meter,,, jarumnya melewati angka yang paling tinggi pada amper meterku yang cuma 30,,
05-06-2012
06:18 AM
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #244
RE: Rakit Trafo Yuk?
udah baca berulang2, lumayan ngerti... meskipun gak bisa lihat penampakan, nice share...
cuma yang masih blom ngerti yaitu perbandingan atau berapa mm diameter lilitan primer dan skunder yang akan di gulung, atau cuma coba2 saja...
apa tidak ada ketetapan untuk hal tersebut...
misalnya diameter lilitan skunder yang aka digulung adalah 1.5mm, berapa mm diameter ideal lilitan primernya... atau sebaliknya...
05-06-2012
03:29 PM
kutip |
soerdjanto
Solfers


Postingan: 2.926
Terdaftar: Aug 2010
Jakarta
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #245
RE: Rakit Trafo Yuk?
untuk menentukan besaran kawat primer dan sekundernya, coba lihat tabel awg. di situ ada batas aman berapa maksimal sebuah ukuran kawat bisa di aliri arus

awg


saya nggak mbingungin sampean, sampean jangan bingung karena saya
begitu juga sebaliknya dan jangan di bolak balik
06-06-2012
01:11 PM
(Postingan ini telah diubah pada : 06-06-2012 01:14 PM oleh soerdjanto.)
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #246
RE: Rakit Trafo Yuk?
(06-06-2012 01:11 PM)soerdjanto Menuliskan:  untuk menentukan besaran kawat primer dan sekundernya, coba lihat tabel awg. di situ ada batas aman berapa maksimal sebuah ukuran kawat bisa di aliri arus

awg

:-bd ke TKP!
di rumah ada stavol kalo gak salah 500VA, yang kebakar gulunganya, blom di cek sih kondisi kern-nya...
rencana buat ngangkat 3886...
mohon bantuanya...
sekalian aja deh nanya...
kira2 diameter kawatnya berapa ya? primer sama skundernya...
gak bisa liat penampakan di atas sih...
07-06-2012
08:47 AM
kutip |
tukangpatri
Patroler


Postingan: 4.485
Terdaftar: Aug 2011
Trenggalek - JATIM
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #247
RE: Rakit Trafo Yuk?
Virus toroid makin membuat mumet.... 102

[Gambar: 660px-Magnetic_Vector_Potential_Toroidal_Inductor.jpg]

Yang pingin ngikut mumet silahkan mampir kesini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Toroidal_in...ansformers 4
07-06-2012
11:04 PM
kutip |
JOHN WIDHI
Solfree


Postingan: 341
Terdaftar: Nov 2010
BALI
Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #248
RE: Rakit Trafo Yuk?
(07-06-2012 08:47 AM)herman doank Menuliskan:  :-bd ke TKP!
di rumah ada stavol kalo gak salah 500VA, yang kebakar gulunganya, blom di cek sih kondisi kern-nya...
rencana buat ngangkat 3886...
mohon bantuanya...
sekalian aja deh nanya...
kira2 diameter kawatnya berapa ya? primer sama skundernya...
gak bisa liat penampakan di atas sih...
Dicoba aja bongkar trafonya, jangan lupa dihitung berapa jumlah lilitannya... per tumpukan menghitungnya ya.
Kita coba tanpa memakai rumus yg mumet, pake yg simple2 saja.
Silakan dihitung dulu banyaknya lilitan, juga nanti tinggi kern beserta diameter luar & dalamnya berapa?
Klo sudah dihitung semua nanti saya coba jawab :)
jumlah semua lilitan = ...
tinggi kern = ...
diameter dalam = ...
diameter luar = ...
07-06-2012
11:52 PM
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #249
RE: Rakit Trafo Yuk?
(07-06-2012 11:52 PM)JOHN WIDHI Menuliskan:  Dicoba aja bongkar trafonya, jangan lupa dihitung berapa jumlah lilitannya... per tumpukan menghitungnya ya.
Kita coba tanpa memakai rumus yg mumet, pake yg simple2 saja.
Silakan dihitung dulu banyaknya lilitan, juga nanti tinggi kern beserta diameter luar & dalamnya berapa?
Klo sudah dihitung semua nanti saya coba jawab :)
jumlah semua lilitan = ...
tinggi kern = ...
diameter dalam = ...
diameter luar = ...

tengkyu responya, barangnya di kampung, blom sempet bongkar, saya kerja kekota, tiap minggu pulang kampung, baru bisa bongkar, tapi diutamakan bongkar istri dulu Mas... 4 (ciaaaah OOT).
setelah di bongkar nanti saya apdet Mas ya...
08-06-2012
08:45 AM
(Postingan ini telah diubah pada : 08-06-2012 08:49 AM oleh herman doank.)
kutip |
yansen
Solfers


Postingan: 1.716
Terdaftar: Jul 2011
manado
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #250
RE: Rakit Trafo Yuk?
saya coba coba menggulung toroid tanpa menghitung jumlah lilitan caranya digulung primernya kalo dirasa cukup, langsung dicolok kelistrik, kalo getaran/ dengungan masih kuat, berarti lilitannya ditambah dan dicoba lagi sampai tidak ada getaran, kemudian dicolok ke listrik selama 1 jam jika lilitan tidak terasa panas, berarti lilitan primer cukup, kemudian sekundernya digulung dan diukur dengan avometer volt yang diinginkan 44 dan ini toroid ke 5 yang saya gulung,,


File Lampiran
Klik gambar di bawah ini untuk memperbesar dan mendownload gambar

   

12-06-2012
07:18 AM
(Postingan ini telah diubah pada : 12-06-2012 07:20 AM oleh yansen.)
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #251
RE: Rakit Trafo Yuk?
Update:
Toroid 1 : dari stavol 500va
- lilitan luar 350
- lilitan dalam 390
- lilitan ekstra 60
- tinggi kern 5cm
- diameter luar 9.5cm
- diameter dalam 5cm
- berarti jumlah semua lilitan 740, lebar kern 2.25cm
- gulungan dalam seperti tembaga, tapi putih.

toroid 2 : dari stavol 1000va
- lilitan luar 290
- lilitan dalam 310
- lilitan ekstra 36
- tinggi kern 5cm
- diameter luar 12cm
- diameter dalam 6.75
- berarti jumlah semua lilitan 600, lebar kern 2.65cm
12-06-2012
08:27 AM
(Postingan ini telah diubah pada : 12-06-2012 08:29 AM oleh herman doank.)
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #252
RE:
(04-11-2011 04:28 PM)JOHN WIDHI Menuliskan:  luas penampang tempatnyamenggulung kawat, alias koker...
ada yg dari plastik(trafo 5A atau yg lebih kecil)
ada yg dari kertas warna merah(gk tau kertas apa) biasanya pada trafo2 besar
caranya
ukur panjang * lebar * tinggi koker
panjang * lebar inilah luas penampang yang dimaksud
contoh trafo 5A kecil luasnya adalah
4.5 cm * 2.5 cm = 11.25 cm2(cm persegi)

klo dimasukkan ke rumus menjadi:

n primer = 45 * (220volt / 11.25cm2)
= 880 lilitan
n sekunder misal untuk 25 volt
= 49.5 * (25volt / 11.25cm2)
= 110 lilitan
untuk ct 25 volt = 110 + 110 lilitan
sudah saya coba & hasilnya bagus sekali, trafonya adem2 saja

untuk yang ini, diameter kawat primer n skundernya berapa mas?
12-06-2012
09:37 AM
kutip |
JOHN WIDHI
Solfree


Postingan: 341
Terdaftar: Nov 2010
BALI
Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #253
RE: Rakit Trafo Yuk?
(12-06-2012 08:27 AM)herman doank Menuliskan:  Update:
Toroid 1 : dari stavol 500va
- lilitan luar 350
- lilitan dalam 390
- lilitan ekstra 60
- tinggi kern 5cm
- diameter luar 9.5cm
- diameter dalam 5cm
- berarti jumlah semua lilitan 740, lebar kern 2.25cm
- gulungan dalam seperti tembaga, tapi putih.

toroid 2 : dari stavol 1000va
- lilitan luar 290
- lilitan dalam 310
- lilitan ekstra 36
- tinggi kern 5cm
- diameter luar 12cm
- diameter dalam 6.75
- berarti jumlah semua lilitan 600, lebar kern 2.65cm
Ya sudah benar jumlah lilitannya, terus diameter kawat untuk primer pakai ukuran kawat yg sama ukuran dengan lilitan luar (bisa juga pakai yg agak kecilan sedikit, agar ruang untuk tempat menggulung tidak terlalu mepet).

Untuk lilitan sekunder tergantung mau berapa Volt & Ampere yg diinginkan
Gunakan perbandingan jumlah lilitan (gulungan per volt) antara primer & sekunder
Kalau saya sekunder diberi extra 5-10% jumlah lilitan lebih banyak dari perhitungan tadi.

Untuk tegangan/Volt yg kecil bisa digunakan kawat diameter besar sehingga didapat arus/Amper yg besar
Untuk tegangan lebih besar kawatnya pakai yg kecilan sehingga arusnya juga jadi kecilan.

Masalah berapa besarnya diameter kawat sekunder disesuaikan dengan berapa banyak ruang yg tersisa. Kalau yg ini trial error, dicoba-coba saja seberapa bisa masuk kawatnya 1

(12-06-2012 09:37 AM)herman doank Menuliskan:  untuk yang ini, diameter kawat primer n skundernya berapa mas?
Kalau tidak salah diameter primer 0.3mm & sekunder 0.7mm
Tiap selesai setumpuk lilitan saya lapisi cairan khusus untuk buat trafo.

Trafo yg dipasaran 5A kecil arus keluarannya kalau kita paksa 5A maka trafonya akan hangus,
Sebenarnya bisa dimodif, digulung ulang sekundernya & bisa keluar 5A tetapi tegangannya rendah.

Tadi saya baru sampai tumpukkan yang ke-6 pada proses rakit trafo yg terbaru, pada tiap tumpukkan kawat saya lapisi insulator. Terus setiap selesai 1 tumpukkan saya lapisi "clear insulating enamel" biar kawatnya nempel dengan kuat & trafonya nanti lebih terjamin dari getaran2 yg tidak diinginkan
13-06-2012
08:56 PM
(Postingan ini telah diubah pada : 13-06-2012 09:05 PM oleh JOHN WIDHI.)
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #254
RE: Rakit Trafo Yuk?
- tengkyu responya,
- terakhir saya gulung yang bekas 500VA dengan kawat 0.5 mm +/- 600 lilitan (2 lapis), gulung dengan tangan, 3 spasi 3 spasi, lapisan kedua ngisi dari spasi gulungan pertama, kern dilapisi dengan lakban kertas, setelah 2 lapis, saya lakban lagi trus saya test, hasilnya pada putus (kebakar) pada sudut kern. kesalahan dimana ya?
- sudut kern trlalu lancip
- tidak pakai clear insulating enamel
- lilitan kurang banyak
- salah dalam menggulung
- kalo mau beli "clear insulating enamel" bilang gimana ya sama yang jual? 4 maklum pemula..
- kalo di ganti dengan vernis (lapisan untuk lapisan kayu) gimana ya?
18-06-2012
09:02 AM
(Postingan ini telah diubah pada : 18-06-2012 09:10 AM oleh herman doank.)
kutip |
tukangpatri
Patroler


Postingan: 4.485
Terdaftar: Aug 2011
Trenggalek - JATIM
Solfers: Unlimited
Donatur: Unlimited

Postingan: #255
RE: Rakit Trafo Yuk?
Pas kebakar kemarin aku pakai "serlak" kang... biasa digunakan untuk dempul kayu pd meubel
beli di toko bangunan. Kalau terbakarnya disudut kern mungkin kawatnya lecet krn sudutnya terlalu lancip itu tadi kang.
23-06-2012
11:00 AM
kutip |
yansen
Solfers


Postingan: 1.716
Terdaftar: Jul 2011
manado
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #256
RE: Rakit Trafo Yuk?
kalau saya, lilitannya, jangan sampe ada kawat lilitan berada diatas kawat yang lain sebelum selesai 1 putaran,, kalo sudah selesai 1 putaran, digulung dengan pita kain yang tipis / kertas/ lakban atau apa saja yang tipis supaya lilitan diatas tidak bersentuhan dengan yang dibawahnya misalnya lilitan primer 600 lilitan dan putaran pertama dapat 200 lilitan, dilakban dulu sebelum lilitan dilanjutkan,, setelah penuh dilakban lagi, kemudian dilanjut melilit lagi, yang penting jangan ada lilitan atas dan bawahnya saling ketemu,, begitu juga dengan lilitan sekunder ini mencegah jangan sampai kawat emailnya kurang bagus seperti yang saya alami waktu menggulung yang bekas 3kva,,
23-06-2012
04:07 PM
kutip |
Taufik Edi
Solfree


Postingan: 167
Terdaftar: Jun 2011

Solfers: unregistered
Donatur: unregistered

Postingan: #257
RE: Rakit Trafo Yuk?
NEK Ak BELI JDI AJA gak repot2,mumet ngitung?dulu pernh praktek buat sendiri gak kebeneran jdi rugi?akhirnya kern 20a jual rosok ma tembagane....jdi kapok gulung lgi?wach nti nek semuanya do gulung sendiri pabrike tutup karyawane di PHK aduch kasihan...heee...eee?
23-06-2012
08:15 PM
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #258
RE: Rakit Trafo Yuk?
(23-06-2012 11:00 AM)tukangpatri Menuliskan:  Pas kebakar kemarin aku pakai "serlak" kang... biasa digunakan untuk dempul kayu pd meubel
beli di toko bangunan. Kalau terbakarnya disudut kern mungkin kawatnya lecet krn sudutnya terlalu lancip itu tadi kang.
O... serlak namanya...
ya ya ya... nanti di tambahin lakban kern nya... padahal kemaren udah di kasih 3 lapis lo untuk sudutnya...

(23-06-2012 04:07 PM)yansen Menuliskan:  kalau saya, lilitannya, jangan sampe ada kawat lilitan berada diatas kawat yang lain sebelum selesai 1 putaran,, kalo sudah selesai 1 putaran, digulung dengan pita kain yang tipis / kertas/ lakban atau apa saja yang tipis supaya lilitan diatas tidak bersentuhan dengan yang dibawahnya misalnya lilitan primer 600 lilitan dan putaran pertama dapat 200 lilitan, dilakban dulu sebelum lilitan dilanjutkan,, setelah penuh dilakban lagi, kemudian dilanjut melilit lagi, yang penting jangan ada lilitan atas dan bawahnya saling ketemu,, begitu juga dengan lilitan sekunder ini mencegah jangan sampai kawat emailnya kurang bagus seperti yang saya alami waktu menggulung yang bekas 3kva,,
kalo setiap lapisan gululungan di kasih isolator lagi, jadinya gak makan tempat nanti? tapi boleh juga di coba tuh...

(23-06-2012 08:15 PM)Taufik Edi Menuliskan:  NEK Ak BELI JDI AJA gak repot2,mumet ngitung?dulu pernh praktek buat sendiri gak kebeneran jdi rugi?akhirnya kern 20a jual rosok ma tembagane....jdi kapok gulung lgi?wach nti nek semuanya do gulung sendiri pabrike tutup karyawane di PHK aduch kasihan...heee...eee?
wah kalo beli disini gak ada, itu makany mau buat sendiri... jangan putus asa dong... kalo mikirin rugi gak jadi2 nanti mas... namanya juga perjuangan, butuh pengorbanan...
25-06-2012
08:29 AM
kutip |
setiono
Solfers


Postingan: 1.306
Terdaftar: Mar 2012
BATAM, Kep. Riau
Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #259
RE: Rakit Trafo Yuk?
serlak atau lem INdian namanya mas, di dunia perbengkelan kami jg pakai serlak...21
25-06-2012
08:35 AM
kutip |
herman doank
Solfers


Postingan: 666
Terdaftar: Dec 2010

Solfers: unlimited
Donatur: unregistered

Postingan: #260
RE: Rakit Trafo Yuk?
4 maklun pemula...

nb terkait :
http://solfegio.com/forum/showthread.php...ght=toroid #629
25-06-2012
08:40 AM
(Postingan ini telah diubah pada : 25-06-2012 08:47 AM oleh herman doank.)
kutip |




Online
Yang Sedang Online
» 1 Anggota SF | 117 Tamu
Andimust

INFO


Latest Threads
P.A Safari 400watt :: Hig...
Postingan : Purbaya
Perkenalan
Postingan : Purbaya
solfgath X mojokerto
Postingan : jackariadi
membahas kegunaan trafo t...
Postingan : ronnye
yogyApero
Postingan : yogyApero
PROFESSIONAL POWER AMPLIF...
Postingan : Joko_kuno
Smaart Live, Petunjuk Pen...
Postingan : mazBlitar
Persamaan ic LM324
Postingan : TaufikTangerang
Compressor
Postingan : Great
Absen Solfers SOLFEGIO
Postingan : Nandang Sahrudin
Belajar bikin amplifier u...
Postingan : ghozy
klw ad orang palu...njo t...
Postingan : Muslim Jamil
TOTAL WATT SOUND SYSTEM M...
Postingan : YantoAudia
perkenalan
Postingan : QHARIRY
perkenalan
Postingan : QHARIRY
power amplifier
Postingan : AhmadHusen
Membuat Power Amplifier d...
Postingan : AhmadHusen
Style 16Beat Yang Mantap ...
Postingan : ChristNoel
cara hitung impedance SPL
Postingan : Achmadsupandi
Help me please, trafo yan...
Postingan : fandi_stress

Diskusi Menarik